Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9953
Title: Hubungan antara Konsep Diri dengan Disiplin Berlalu Lintas pada Mahasiswa Universitas Medan Area
Authors: Hasibuan, Lenni Handayani
metadata.dc.contributor.advisor: Darmayanti, Nefi
Sriwahyuni, Nini
Keywords: konsep diri;disiplin berlalu lintas;mahasiswa
Issue Date: 15-May-2006
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Disiplin adalah cermin untuk diri seseorang dalam mencapai kesuksesan hidup, namun masih banyak orang yang masih rendah rasa disiplinnya dikarenakan kurangnya perhatian terhadap dampak ketidak disiplinan dalam hidupnya. Disiplin sangat berperan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hal ini disebabkan karena disiplin merupakan kondisi psikologi yang berperan dalam menentukan tingkah laku seseorang, baik sikap mental maupun dalam penempatan diri yang baik terhadap suatu peraturan yang harus ditaati. Suatu hal yang mustahil, kemajuan dapat dicapai apabila tanpa dibarengi dengan keteraturan dan kaidah hukum, sebab keteraturan dan kaidah hukum merupakan bagian dari kedisiplinan di dalam masyarakat, karena disiplin adalah keteraturan hidup. Salah satu disiplin yang harus dipatuhi adalah disiplin berlalu lintas yang dapat mencegah seseorang dari kecelakaan, bila dilakukan disiplin terhadap rambu-rambu lalu lintas dengan baik dan benar, maka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas akan berkurang. Tetapi kenyataan untuk mewujudkan tegaknya kedisiplinan para pemakai jalan tidaklah mudah, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran diri para pemakai jalan yang menggunakan kendaraan. Dengan adanya aturan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maka masyarakat sebagai subyek hukum harus patuh dan disiplin, jika peraturan dilanggar maka akan dikenai sanksi hukuman terhadap pelanggar.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9953
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
018600061_Lenni Handayani Hasibuan (no abstract).pdfFulltext2.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.