Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15241
Title: Laporan Kerja Praktek Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pada Puskesmas Pematang Johar Berbasis Web
Other Titles: Job Training Report on Administration Information System Design at Pematang Johar Health Center Web-Based
Authors: Afriyan, Muhammad Aldi
metadata.dc.contributor.advisor: Muliono, Rizki
Keywords: perancangan;sistem informasi;administrasi;sistem administrasi
Issue Date: Nov-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178160033
Abstract: Hampir semua bidang instansi atau pemerintahan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media informasi untuk memperoleh informasi yang cepat dan akurat puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan strata 1 yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal dalam arti cepat dan tepat. Oleh karena itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Disardari bahwa kondisi penyelenggaraan poelayanan publik saat ini masih dihadapkan pada sistem pemerintahan yang tidak efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia yang kurang memadai. Hal ini terlihat dari banyaknya keluhan dan kelurhan dari masyarakat terkait prosedur yang berbelit belit, tidak adanya kepastian jangka waktu biaya yang harus di keluarkan persyaratan yang tidak transparan petuas yang tidak profesional, hingga menimbulkan citra pemerintah yang buruk. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penerapan perancangan sistem informasi administrasi mempermudah pihak puskesmas dalam proses pengelolaan data pasien, membantu proses penginputan data dan laporan data pasien dengan memanfaatkan kesesuaian tugas dengan teknologi informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai puskesmas pematang johar. Almost all fields of government or agency use computer technology as a medium of information to obtain fast and accurate information. Puskesmas as a strata 1 health service center which includes individual and community health services are expected to provide optimal services in a fast and precise sense. Therefore, to improve health services to the community. It is realized that the current condition of the implementation of public services is still faced with an ineffective and efficient government system and inadequate quality of human resources. This can be seen from the number of complaints and complaints from the public regarding complicated procedures, the lack of certainty of the time period for the fees that must be issued, the requirements are not transparent, unprofessional officers, so that it creates a bad image of the government. The results showed that the effectiveness of the application of administrative information system design made it easier for the puskesmas in the process of managing patient data, helping the process of inputting data and reporting patient data by utilizing the suitability of tasks with information technology which had a positive and significant influence on the performance of Pematang Johar Public Health Center employees.
Description: 41 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15241
Appears in Collections:Laporan Kerja Praktik (LKP)



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.