Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9673
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanuddin-
dc.contributor.advisorAziz, Azhar-
dc.contributor.authorNasution, Anggi Shafira-
dc.date.accessioned2018-12-07T06:36:42Z-
dc.date.available2018-12-07T06:36:42Z-
dc.date.issued2018-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9673-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan konsep diri dengan perilaku konsumtif pengguna layanan paket internet mahasiswa/i Universitas Medan Area. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 orang yang berada di Universitas Medan Area Kampus II. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik random sampling. Konsep diri mahasiswa/i diukur dengan menggunakan Skala Konsep Diri yang diukur dari 25 item yang valid (a = 0,834), sedangkan perilaku konsumtif diukur dengan menggunakan Skala Perilaku Konsumtif yang diukur dari 20 item yang valid (a = 0,666). Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = - 0,365 dengan p = 0,008 < 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terdapat hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah negatif, artinya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Konsep diri memberikan sumbangan efektif sebesar 13,3% pada perilaku konsumtif dan sebesar 86,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.description.abstractThis research aims to determine the relationship of self concept with consumptive behaviour in the service users internet package of psychology students of University Medan Area. The population of this research is students in University Medan Area as many as 205 people. The sample was 51 people, the sample was taken by using random sampling technique. The data were collected by using two psychological scales there is Self Concept Scale (25 valid items, a = 0,834) and Consumptive Behaviour Scale (20 valid items, α = 0,666). The results of this research show the correlation coefficient of rxy = - 0,365 with p = 0,008 < 0,05. The results show that the hypothesis proposed by the researcher that there is a negative relationship between self concept with consumptive behaviour is acceptable. Negative correlation coefficient value indicates that the direction of relationship between the two variables is negative, meaning the lower of the self concept increasingly the highest the consumptive behaviour. Self concept gives effective contribution of 13,3% at consumptive behaviour and equal to 86,7% influenced by other factor that not examined in this research.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkonsep dirien_US
dc.subjectperilaku konsumtifen_US
dc.subjectself of concepten_US
dc.subjectconsumtive behaviouren_US
dc.titleHubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Pengguna Layanan Paket Internet Mahasiswa/i Psikologi Universitas Medan Areaen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Andhika Prakarsa G. Sembiring - Fulltext.pdfFulltext6.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.