Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9411
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi
Authors: Tarigan, Putry Rizky Suhartini Br
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Adelina
Tarigan, Eka Dewi Setia
Keywords: kualitas pelayanan;fasilitas;kepuasan konsumen;service quality;facilities;consumer satisfaction
Issue Date: 23-May-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: This study aims to determine the "Influence of Service Quality and Facilities Against Customer Satisfaction At International Hotel Sibayak Berastagi". This type of research is associative is a research that is asking the relationship between two variables. The population in this study is all consumers at International Hotel Sibayak Berastagi as many as 300 consumers. And by using the slovin formula technique, then the number of samples in this study as many as 75 respondents taken from some population. Based on t test results can be seen that t arithmetic on service quality variables of 5.284 is greater than t table of 1665 with probability t sig 0.000 smaller than the limit of significance of 0.05. Based on these values, the quality of service variables have a positive and significant impact on customer satisfaction variables. At facility variable equal to 6,797 bigger than t table equal to 1,665 with probability t that is sig 0,000 smaller than limit of significance equal to 0,05, then facility variable partially have positive and significant influence to variable of consumer satisfaction Based on result of F test it is got value of F count 97,149> 3.12 with sig 0,000 <0,05, shows Ho rejected and Ha accepted, means the quality of service and facilities simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction variable. The value of R Square obtained is 0.722. To see the great influence of independent variables on the dependent variable by calculating the coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, so obtained KD = 72.2%. This figure shows that 72.2% of customer satisfaction (dependent variable) can be explained by the quality of service and facilities. The remaining 28.8% is influenced by other factors not described in this study.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh kualitas pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan konsumen Pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi sebanyak 300 konsumen. Dan dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden diambil dari sebagian populasi. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel kualitas pelayanan sebesar 5.284 lebih besar dari t tabel sebesar 1.665 dengan probabilitas t yakni sig 0,000 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Pada variabel fasilitas sebesar 6.797 lebih besar dari t tabel sebesar 1.665 dengan probabilitas t yakni sig 0,000 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05, maka variabel fasilitas secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 97.149 > 3.12 dengan sig 0,000<0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti kualitas pelayanan dan fasilitas secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,722. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 72,2%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 72,2% kepuasan konsumen (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas. Sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9411
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Putry Rizky Suhartini BR.Tarigan - fulltext.pdfFulltext1.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.