Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9345
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Jurusan (Medan-Rantau Prapat) pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan
Authors: Gardini, Gestiana Dwi
metadata.dc.contributor.advisor: Marbun, Patar
Rosalina, Dhian
Keywords: kualitas pelayanan;persepsi harga;kepuasan konsumen;service quality;cost perceptions;customer satisfaction
Issue Date: 14-Jun-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: The study aims to determined effect of service quality and cost perceptions towards customer satisfaction of PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Medan through primary and secondary data. As the causal associate research, a total sample as much as 94 respondents are obtained through accidental sampling method. Then, data were analyzed by statistical method, multiple linear regression analysis with t test and f test. In accordance with the t test, the outcome of study shows that service quality variable has the coefficient of regression as 0.507, but cost perceptions variable is 1.057. Thus, it explains that both variables are positively affecting the customer satisfaction in partial. Additionally, service quality (X1) has the significant value as much as 0.000 < 0.05 towards the customer satisfaction (Y), and cost perceptions (X2) has the significant value as much as 0.002 < 0.05 towards the customer satisfaction (Y). Service quality variable has the t value > t table (5.869 > 1.986) and cost perceptions variable has the t value > t table (2.037 > 1.986). In addition, service quality and cost perceptions are simultaneously show a significant impact towards customer satisfaction due to F value > F table (51.625> 3.10) and significance value is lower than the limit of significance value (0.000 < 0.05). The coefficient determination test shows the Adjusted R Square as much as 0.521. It can be concluded that service quality and cost perceptions are influencing the customer satisfaction as much as 52.1%. On the other hand, the other 47.9% might be contributed by the other elements which are not investigated in the study.
Description: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Jurusan (Medan-Rantau Prapat) Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Jenis penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder, jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi sejumlah 94 orang. Sampel penelitian ini adalah accidental sampling, yaitu sampel yang di ambil secara kebetulan. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistika dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji t membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan dengan hasil koefisien regresi sebesar 0,507 dan variabel persepsi harga menunjukkan hasil dengan koefisien regresi sebesar 1,057 yang mempengaruhi kepuasan konsumen secara positif dan signifikan, nilai signifikan untuk kuesioner kualitas pelayanan 0,000 < 0,05 maka kualitas pelayanan (X1) signifikan mempengaruhi kepuasan konsumen (Y) dan nilai signifikan untuk kuesioner persepsi harga (X2) 0,002 < 0,05 maka persepsi harga signifikan mempengaruhi kepuasan konsumen (Y). Nilai t hitung variabel kualitas pelayanan (X1) 5,869 > nilai t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung variabel persepsi harga (X2) 2,037 > nilai t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05 bahwa faktor-faktor kualitas pelayanan (X1) dan Persepsi Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Penelitian pada uji F menunjukkan Nilai F hitung 51,625 > nilai F tabel 3,10 dan nilai signifikan 0,000 <0,05 bahwa faktor- faktor Kualitas Pelayanan (X1) dan Persepsi Harga (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Uji koefisien Determinasi menunjukkan nilai Adjusted R square untuk Kepuasan Konsumen (Y) meningkatkan Penjualan Tiket pada PT.KAI medan adalah 0,521. Hal ini berarti 52,1% variasi kepuasan konsumen (Y) di pengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan (X1) dan Persepsi Harga (X2) dan sisanya sebesar 47,9% ditentukan oleh variabel lain di luar kontribusi penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9345
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Gestiana Dwi Gardini - fulltext.pdfFulltext1.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.