Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9246
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuraini-
dc.contributor.advisorMaryono-
dc.contributor.authorPohan, Nadya Syahfitri-
dc.date.accessioned2018-09-10T08:12:16Z-
dc.date.available2018-09-10T08:12:16Z-
dc.date.issued2018-06-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9246-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Nusantara Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SMA Nusantara Lubuk Pakam sebanyak 236 orang. Sampel penelitian sebanyak 148 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu skala motivasi belajar dan skala konformitas. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy -0,498 dengan p = 0,000 (p < 0,050), artinya ada hubungan negatif antara konformitas dengan motivasi belajar. Dengan hasil tersebut, hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negative konformitas dengan motivasi belajar dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah negatif, artinya semakin tinggi konformitas maka semakin rendah motivasi belajar. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 24,8% pada motivasi belajar dan sebesar 75,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor internal seperti faktor fisik, psikologis serta faktor eskternal seperti faktor social yang lainnya dan faktor nonsosial. Mean empirik variabel motivasi belajar yang diperoleh yaitu 67,18 sedangkan mean empirik variabel konformitas sebesar 119,84, lalu untuk mean hipotetik variabel motivasi belajar sebesar 85 dan mean hipotetik variabel konformitas sebesar 92,5.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the relationship of conformity with the motivation of learning in students in SMA Nusantara Lubuk Pakam. The population of this research is the second grade students in SMA Nusantara Lubuk Pakam as many as 236 people. Research sample counted 148 people, sample was taken by using random sampling technique. This study uses two psychological scales, namely learning motivation scale and conformity scale. The analysis technique is done using product moment correlation. The results of this study show the correlation coefficient rxy -0.498 with p = 0.000 (p <0,050), it means there is a negative relationship between conformity with learning motivation. With these results, the hypothesis in this research is that there is a negative relationship of conformity with learning motivation is acceptable. The value of negative correlation coefficient indicates that the direction of the relationship between the two variables is negative, meaning that the higher the conformity the lower the learning motivation. Conformity gives an effective contribution of 24.8% on learning motivation and by 75.2% influenced by other factors not examined in this study are internal factors such as physical factors, psychological and external factors such as other social factors and nonsocial factors. Empirical mean of learning motivation variable is 67,18 whereas mean empiric conformity variable equal to 119,84, then for mean hypothetical variable of learning motivation equal to 85 and mean hypothetical conformity variable equal to 92,5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkonformitasen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectconformityen_US
dc.subjectmotivation to learnen_US
dc.subjectstudentsen_US
dc.subjectteensen_US
dc.titleHubungan Konformitas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Nusantara Lubuk Pakamen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadya Syahfitri Pohan - Fulltext.pdfFulltext1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.