Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8606
Title: Hubungan persepsi siswa terhadap konselor dan sarana prasarana BK dengan minat layanan bimbingan konseling di SMP Negeri 2 Dewantara
Authors: Zahara, Cut Ita
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Lahmudin
aziz, azhar
Keywords: minat layanan;bimbingan konseling;persepsi siswa;konselor
Issue Date: 2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap konselor dan sarana prasarana Bimbingan Konseling dengan minat layanan bimbingan konseling pada siswa SMP Negeri 2 Dewantara – Aceh Utara tahun 2017. Jenis penelitian bersifat kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP sebanyak 200 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 109 siswa-siswi SMP Negeri 2 Dewantara.Teknik pengambilan sampling berupa simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dan kuesioner,sedangkan metode analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap konselor dan sarana prasarana BK dengan minat layanan bimbingan konseling, dimana koefisien rx12y= 0,439 dan p = 0,000 dengan kontribusi sebesar 43,9 %. (2). Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap konselor dengan minat layanan bimbingan konseling, dimana koefisien rx1y = 0,662 dan p =0,000 dengan kontribusi sebesar 66,2 %. (3). Ada hubungan positif yang signifikan antara sarana dan prasarana BK dengan minat layanan bimbingan konseling, dimana koefisien rx2y = 0,271 dan p =0,000 dengan kontribusi sebesar 27,1 % dengan demikian dinyatakan bahwa seluruh hipotesis dapat diterima.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8606
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cut Ita Zahara.pdfFulltext1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.