Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8030
Title: Pengaruh Aroma Terapi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang
Authors: Fachri, Wahyudilun
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Farida Hanum
Hasmayni, Babby
Keywords: aromaterapi, konsentrasi belajar
Issue Date: Oct-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Eksperimet atau Eksperimen Semu, Design eksperimen yang digunakan yaitu One Groub Design Pretest-Posttest. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh aromaterapi terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Subyek penelitian yang menjadi sampel penelitian ini adalah representatif dari populasi. Jadi, tidak seluruh subyek pada populasi diteliti semua, cukup diwakili oleh sebagian subyek. Pada peneltian ini sampel yang digunakan berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan ujian harian. Analisis data menggunakan teknik Uji T, untuk mengetahui aromaterapi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar maka digunakannya metode analisis paired sample t-test yang dimana hasilnya sebesar p = 0.000 < α 0.05 yang artinya adanya pengaruh aromaterpai yang signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa. Dapat juga dibuktikan dari selisih mean antara pretest dan posttest meningkat sebesar prettest = 42.73 (SD= 20.344) menjadi posttest = 60.96 (SD=27.786). Maka dapat disimpulkan adanya pengaruh aromaterapi terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang yang signifikan
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8030
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wahyudinul F.pdffulltext10.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.