Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7517
Title: Study Budaya Perusahaan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara
Authors: Effendy, Sjahril
metadata.dc.contributor.advisor: Zainuddin
Rangkuti, Badaruddin
Keywords: studi budaya perusahaan;perusahaan daerah air minum
Issue Date: 1-Apr-2009
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Dari 335 PDAM yang ada di Indonesia, hanya 80 PDAM yang sehat. Diantara PDAM yang sehat itu termasuklah PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara dan secara berturut-turut pada tahun 2005, 2006, dan 2007 ditetapkan sebagai penyelenggara air minum terbaik di Indonesia untuk kategori Kota Metropolitan oleh Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara memiliki teknik operasional yang baik dalam memberikan pelayanan "Tiga Tas Air" (Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas Air) kepada masyarakat pelanggan dan telah menciptakan, budaya perusahaan yang kuat. Budaya Perusahaan yang tecipta itu pada periode tahun 2002-2010 adalah Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2000), Penilaian kinerja yang baik (Aspek Keuangan, Aspek Operasional, dan Aspek Administrasi), dan Integritas Pimpinan, Staf, dan Karyawan yang cukup tinggi. Budaya Perusahaan seperti ini belum tercipta pada periode sebelumnya yaitu tahun 1994-2002. Pada tahun 2009 ini diperkirakan seluruh Kantor Cabang Pemasaran di wilayah Zona 1 (Medan dan sekitarnya) sebanyak 13 Kantor Cabang akan memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Persyaratan-persyaratan dan rekomendasi dalam ISO 9001: 2000 diterapkan pada manajemen organisasi yang memasok produk, sehingga akan mempengaruhi bagaimana produk itu di desain, diproduksi, dirakit, ditawarkan dan lain-lain. Dengan nilai-nilai budaya perusahaan yang tercipta pada periode tahun 2002-2010 itu diperoleh prestasi dan penghargaan yang cukup banyak, dan pelayanan "Tiga Tas Air" menjadi lebih baik. Disamping itu budaya gaya kepemimpinan pada periode tahun-2002-2010 adalah demokratis, dimana pimimpin bersedia menerima saran-saran dari bawahan dan selalu memberi kesempatan bawahan untuk berkonsultasi. Pada periode tahun 2002- 2010 terjadi pula perubahan bentuk organisasi yang berorientasi kepada pelanggan (konsumen), dimana kepentingan pelanggan menjadi perhatian utama perusahaan.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7517
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
071804001.pdfFulltext5.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.