Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7315
Title: Analisis Pemasaran Agribisnis Peternakan Ayam Ras Pedaging di Kabupaten Langkat Sumatera Utara
Authors: Tambunan, Sari Bulan
metadata.dc.contributor.advisor: Afifuddin, Sya'ad
Keywords: pemasaran;agribisnis
Issue Date: 2008
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Pangan memiliki peran yang penting untuk mencapai Indonesia yang maju, modern dan kompetitif, karena memiliki dua dimensi penting, pangan sebagai konsumsi dan pangan sebagai input produksi. D aging ayam merupakan salah satu bahan pangan sumber protein yang cukup penting bagi kesehatan manusia. Kabupaten Langkat merupakan salah satu daerah penghasil ayam ras pedaging di Sumatera Utara. Pemasaran ayam tidak terlepas dari mata rantai pemasaran yang sedang berlangsung. Salman pemasaran merupakan bagian integral dalam sebuah sistem agribisnis petemakan khususnya petemakan ayam. Permasalahan pemasaran ayam ras pedaging dapat diidentifikasi sebagai berikut: Bagaimana bentuk dan pola saluran pemasaran ayam ras pedaging, fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran, berapa besar biaya pemasaran, marjin pemasaran, price spead, share marjin, tingkat efisiensi pemasaran ayam ras pedaging, perbandingan keuntungan dari setiap lembaga pemasaran, dan usaha apa yang diperlukan untuk mengembangkan agribisnis peternakan ayam ras pedaging di Kabupaten Langkat. Penelitian ini antara lain bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran ayam ras pedaging, menganalisis fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga- lembaga pemasaran, menganalisis besar biaya pemasaran, marjin pemasaran, price spread, share marjin untuk tiap-tiap saluran pemasaran. Pelaksanaan kajian atau studi terhadap jalur pemasaran komoditi ayam ras pedaging di Kabupaten Langkat digunakan metode survey yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan objek dab wilayah penelitian. Populasi dalam penelitian adalah penduduk yang berprofesi sebagai peternak ayam ras pedaging dan penduduk yang berprofesi sebagai pedagang ayam ras pedaging. Dalam kajian ini digunakan dua pendekatan yaitu pendekatan deskriptif dan pendekatan kedua adalah perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada dasarnya jalur pemasaran produksi ayam ras pedaging di kabupaten langkat khususnya di Kecamatan Stabat dan Kecamatan Kuala, memiliki kesamaan baik dengan pola inti plasma maupun pola mandiri. Perbedaan jalur pemasaran ayam ras pedaging di Kecamatan Stabat dan Kecamatan Kuala adalah pada saluran kedua dan ketiga. Pola pemasaran ayam ras pedaging di Kecamatan Stabat besarnya marjin pemasaran pada pedagang pengumpul saluran pertama, nilainya lebih kecil dibandingkan dengan pedagang pengumpul saluran ketiga.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7315
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
061802014.pdfFulltext3.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.