Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7271
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Edy Batara Mulya-
dc.contributor.advisorRahman, Abdul-
dc.contributor.authorSinulingga, Teruna-
dc.date.accessioned2018-01-10T04:07:55Z-
dc.date.available2018-01-10T04:07:55Z-
dc.date.issued2009-04-25-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7271-
dc.descriptionSebagai BUMN yang memiliki usaha dalam industri gula, PTPN berperan strategis dalam memajukan industri pergulaan nasional. Revitalisasi industri gula milik PTPN yang telah dilakukan, antara lain penyediaan bibit tebu untuk menggantikan sislem kepras yang masih banyak diterapkan petani, reenginering mesin dan peralatan yang sudah tua, serta perbaikan dalam sistem manajemen produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor internal (kekuatan) yang mempengaruhi pengembangan pemasaran gula PTPN II adalah sumber daya manusia (SDM), permodalan yang cukup, pengalaman perusahaan dalam hal budidaya tebu, potensi lahan dan adanya teknologi produksi gula. Sedangkan faktor intemal lainnya (kelemahan) adalah produktivitas dan rendemen yang masih rendah, manajemen yang belum optimal, inefisiensi pada tingkat usahatani, inefisiensi pada tingkat pabrik dan kualitas mutu produk yang masih rendah. Berdasarkan analisis SWOT, dapat dihasilkan arahan stralegi pengembangan pemasaran gula PTPN II. Peubah-peubah unsur kekuatan dan peluang dalam pengembangan pengembangan pemasaran gula PTPN II perlu mendapat prioritas. Penanganan terhadap peubah tersebut diharapkan dapat mengurangi peubah kelemahan dan ancaman yang ada. Strategi yang perlu diterapkan dalam upaya meningkatkan pemasaran gula PTPN II adalah: (1) Memperluas jaringan pemasaran, (2) Meningkatkan produktivitas dan rendemen dengan penerapan teknologi, (3) Pengembangan sistem pemasaran yang mendorong terciptanya pasar yang lebih besar, (4) Penerapan teknik budidaya dan pengelolaan tanaman tebu sesuai SOP, (5) Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (6) Peningkatan teknologi budidaya dan teknologi produksi gula dan (7) Peningkatan kualitas mutu produk.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectstrategi pemasaranen_US
dc.subjectpemasaran gulaen_US
dc.subjectanalisis swoten_US
dc.titleStrategi Pemasaran Gula PTPN II dengan menggunakan Analisis SWOTen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
071802001.pdfFulltext1.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.