Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7089
Title: Analisis Pemasaran Ternak Domba di Sumatera Utara (Studi Kasus di Kabupaten Tapanuli Selatan, Asahan dan Langkat)
Authors: Nova, Ellen
metadata.dc.contributor.advisor: Hasnudi
Siregar, Edy Batara Mulya
Keywords: analisis pemasaran;pemasaran ternak domba
Issue Date: 2006
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Hasil penelitian menunjukkan bahwa status kepemilikan ternak domba di kabupaten Tapanuli Selatan dan Langkat 100% adalah milik sendiri, sedangkan di kabupaten Asahan sebesar 86% dan 14% lainnya menyewa atau menggaduh. Di kabupaten Tapanuli Selatan usaha ternak domba 100% merupakan skala kecil, di Kabupaten Asahan usaha skala kecil 80% sisanya 16% usaha skala sedang dan usaha skala besar sebesar 4%. Di kabupaten Langkat usaha skala kecil sebesar 93%, skala usaha sedang sebesar 4% dan skala usaha besar sebanyak 3%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pemasaran ternak domba dapat dilakukan melalui agen, pedagang perantara, pedagang besar atau langsung ke konsumen. Saluran pemasaran tersebut terdapat di tiga kabupaten (Tapanuli Selatan, Langkat, dan Asahan). Saluran pemasaran yang ada pada lokasi penelitian menunjukkan kesamaan. Jumlah saluran pemasaran yang digunakan peternak dominan adalah agen di kabupaten Langkat (72.5%) dan Asahan (71.43%), sedangkan di kabupaten Tapanuli Selatan didominasi oleh pedagang perantara (44.19%). Jumlah pedagang besar relatif kecil yang digunakan peternak untuk memasarkan ternaknya dibandingkan dengan saluran pemasaran yang lainnya. Cukup tinggi persentase peternak yang secara langsung menjual ternaknya ke konsumen.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7089
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
041802005.pdfFulltext2.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.