Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2873
Title: Hubungan Antara Perilaku Konsumtif dengan Body Image pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
Authors: Nasution, Irma Maisarah
Keywords: perilaku konsumtif;body image
Issue Date: 7-Nov-2011
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perilaku konsumtif dengan body image pada mahasiswi. Subjek penelitian adalah mahasiswi stambuk 2007 di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara perilaku konsumtif dengan body image pada mahasiswi. Artinya bahwa semakin tinggi perilaku konsumtif maka body image semakin positif, dan sebaliknya semakin rendah perilaku konsumtif maka body image pun semakin rendah. Penelitian ini menggunakan skala perilaku konsumtif yang terdiri 8 ciri-ciri perilaku konsumtif yaitu membeli produk karena iming-ming hadiah, membeli produk karena kemasannya menarik, membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, membeli produk karena pertimbangan harga, membeli produk hanya sekedar menjaga symbol status, memakai produk karena konformitas terhadap model yang diiklankan, membeli produk dengan harga mahal untuk meningkatkan rasa percaya diri, dan mencoba lebih dari dua produk sejenis. Serta skala body image yang terdiri dari 5 aspek yaitu, evaluasi penampilan, orientasi penampilan, kepuasan area tubuh, kecemasan menjadi gemuk, dan pengkategorian ukuran tubuh. Kemudian sampel yang digunakan adalah 86 mahasiswi stambuk 2007 Fakultas Psikologi
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/2873
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
078600022_File1.pdfCover317.22 kBAdobe PDFView/Open
078600022_File2.pdfAbstract157.66 kBAdobe PDFView/Open
078600022_File3.pdfIntroduction539.66 kBAdobe PDFView/Open
078600022_File4.pdfChapter I264.83 kBAdobe PDFView/Open
078600022_File8.pdfReference1.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.