Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23970
Title: Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Turnover Intention pada Guru YPI Al-Fakhri Kecamatan Sunggal
Other Titles: Relationship between Job Satisfaction and Turnover Intention in YPI Al-Fakhri Teachers, Sunggal District
Authors: Pohan, M. Fakhri Ramadhan
metadata.dc.contributor.advisor: Australiati, Adelin
Keywords: kepuasan kerja;turnover intention;guru;job satisfaction;turn over intention;teachers
Issue Date: May-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188600208
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu hubungan antara kepuasan kerja dan turnover intention pada guru YPI Al-Fakhri Kecamatan Sunggal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepuasan kerja dan skala turnover intention yang mengacu pada skala likert dengan 4 pilihan jawaban. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dengan SPSS (Statistical Program for Social Science) 25.0 for windows. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kepuasan kerja pada guru YPI Al-Fakhri tergolong dalam kategori sedang. Dari analisis korelasi rxy = -0,448 dengan nilai p = 0,001 < 0,05 artinya ada hubungan negatif antara kepuasan kerja dengan turnover intention guru. Hasil penelitian ini menemukan sumbangan efektif kepuasan kerja sebesar 20% terhadap turnover intention. Hasil analisis menunjukkan kategorisasi kepuasan kerja dan turnover intention tergolong sedang.
Description: 48 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23970
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600208 - M. Fakhri Ramadhan Pohan Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.76 MBAdobe PDFView/Open
188600208 - M. Fakhri Ramadhan Pohan Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV304.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.