Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2266
Title: | Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Identitas Diri Siswa Kelas X (Sepuluh) SMA Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan |
Authors: | Ambya, Dhayu Isni |
Keywords: | dukungan teman sebaya;identitas diri;siswa |
Issue Date: | 8-Apr-2014 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan teman sebaya dengan identitas diri. Dengan asumsi bahwa semakin tinggi dukungan teman sebaya maka semakin positif pula identitas diri siswa. Sebaliknya semakin rendah dukungan teman sebaya maka semakin negatif pula identitas diri. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas x(sepuluh) SMA Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan. Penelitian ini disusun berdasarkan metode skala Likert dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya menurut House ( dalam Hasmayni, 2011) yang terdiri dari 4 aspek yaitu dukungan emosional, dukungan penilaian, dukungan informatif, dan dukungan instrumental. Penelitian ini juga menggunakan skala identitas diri menurut Erikson (Dariyo, 2004) yang terdiri dari 9 ciri-ciri yaitu konsep diri, evaluasi diri, harga diri, efikasi diri, kepercayaan diri, tanggung jawab, komitmen, ketekunan, dan kemandirian. Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan identitas diri, dimana rxy = 0,425 ; p = 0.000 < 0,0 10. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2) bahwa dukungan teman sebaya tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empirik (105, 164) lebih besar dari pada nilai rata-rata hipotetiknya (87,50) dan identitas diri siswa tergolong positif sebab nilai rata-rata empirik ( 108,350) lebih besar dari pada nilai rata-rata hipotetiknya (85,00) |
URI: | http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/2266 |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
098600120_File1.pdf | Cover | 470 kB | Adobe PDF | View/Open |
098600120_File2.pdf | Abstract | 255.49 kB | Adobe PDF | View/Open |
098600120_File3.pdf | Introduction | 597.7 kB | Adobe PDF | View/Open |
098600120_File4.pdf | Chapter I | 218.52 kB | Adobe PDF | View/Open |
098600120_File8.pdf | Reference | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.