Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22330
Title: Analisa Sistem Pendingin Double Blower pada Mobil Pribadi dengan Kapasitas 8 Orang
Other Titles: Analysis of the Double Blower Cooling System in a Private Car with a Capacity of 8 People
Authors: Filipus Zai, Mertonis
metadata.dc.contributor.advisor: Suditama
Nst, Amirsyam
Keywords: temperatur dan kelembaban udara;refrigerasi;siklus kompressi uap;temperature and humidity;refrigeration;vapor compression cycle
Issue Date: 2011
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;078130010
Abstract: Kata medan merupakaan kota terbesar nomor tiga yang ada di indonesia dan bisa dikatakan kota metropolitan.Hampir disepanjang jalan kota medan mengalami kemaceta.Hal ini akan menyebabkan kesegaran dan kenyamanan udara akan berkurang akibat temperatur yang meningkat, khususnya diruangan yang tertutup. Pemakaian alat pendinginan yang semakin meningkat dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, maka penulis akan menganalisa alat pengkondisian udara pada suatu objek dengan berbagai hal yang sangat kemungkinan sering terjadi misalnya temperatur dan kelembaban. Sehingga akan memudahkan pemilihan jenis dan sistem refrigerasi yang tepat untuk melayani objek tersebut. Siklus yang paling banyak digunakan pada sistem refrigerasi adalah siklus kompressi uap, refrigeran ditekan dikompressor lalu dialirkan ke kondensor, sehingga berubah fasa dari uap menjadi cair, kemudian tekanan diturunkan dikatup ekspansi dan refrigeran cair akan menguap kembali setelah menerima beban di evaporator. Refrigeran yang ditawarkan terdiri dari berbagai jenis tergantung jenis pemakaian dan type kompressor ynag dipakai, beberapa jenis refrigeran yang bisa dipakai untuk pengkondisian udara diantaranya : R-11, R-12, R-22, R-501. Dimana kebanyakan konsumen memakai R-22 dan dalam perencanaan ini penulis memilih jenis refrigeran terbaru yaitu : R-134a yang sudah mempunyai persyaratan dalam pemilihan refrigeran. Perlu juga diperhatikan beban pendingin yang terjadi, karena hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan penumpang dalam mobil. City field is third largest city in Indonesia and could be said along the city streets metropolitan. field experience this will cause the freshness and convenience of air will be reduced due to increasing temperatures, especially the room is closed. The use of cooling devices is increasing and in accordance with current technological developments, the author will analyze the air conditioning equipment on an object with a variety of things that are very likely often occur such as temperature and humidity. So that will facilitate the selection and proper refrigeration system to serve the object. Cycle of the most widely used in refrigeration systems is the vapor compression cycle, refrigerant is pressed dikompressor then flowed into the condenser, so that changes phase from vapor to liquid, then lowered the pressure dikatup expansion and liquid refrigerant will evaporate again after recezvzng the burden on the evaporator. Refrigerant offered consist of various types depending on the type of usage and type compressor ynag used, some type of refrigerant that can be used for air conditioning including: R-11, R-12, R-22, R-501. Where most consumers use the R-22 and in this plan the writer choose the type of latest refrigerant R-134a which already has a requirement in the selection of refrigerant. There should also be noted that the cooling load occurs, because this is very influential in the comfort of passengers in the car.
Description: 73 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22330
Appears in Collections:SP - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
078130010 - Mertonis Filipus Zai - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.03 MBAdobe PDFView/Open
078130010 - Mertonis Filipus Zai - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.