Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22133
Title: Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kacang Sihobuk Di Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara
Other Titles: Analysis of Consumer Preferences for Sihobuk Nuts in Sipoholon District, North Tapanuli Regency
Authors: Sibarani, Richardowijaya
metadata.dc.contributor.advisor: Harahap, Ahmad Rizki
Keywords: Kacang Sihobuk;Sihobuk Nuts;Konsumen
Issue Date: 27-Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198220135
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui karekteristik konsumen kacang sihobuk di kecamatan sipoholon kabupaten tapanuli utara, Untuk menganalisis preferensi konsumen dalam membeli kacang sihobuk di kecamatan sipoholon kabupaten tapanuli utara, untuk mengetahui atribut apa sajakah yang berpengaruh dalam membeli kacang sihobuk di kecamatan sipoholon kabupaten tapanuli utara. Metode yang digunakan untuk penelitian ini untuk Pengambilan sampel yaitu konsumen kacang sihobuk dilakukan dengan metode accidental sampling (teknik sampling kebetulan). Hasil penelitian dan Pembahasan Berdasrkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa karakteristik responden konsumen kacang sihobuk secara umum di dominasi oleh perempuan dengan rentang usia terbanyak pada usia 21-30 tahun yang paling banyak menyukai kacang sihobuk dengan pekerjaan responden di tempat penelitian paling dominan adalah bekerja sebagai pegawai negeri ataupun swasta dengan pendidikan terakhir responden paling banyak adalah SMA dengan pendapatan responden konsumen kacang sihobuk di lokasi penelitian paling banyak Rp.1.600.000-2.500.000 dengan ciri-ciri pembeli konsumen kacang sihobuk adalah wisatawan dimana paling banyak membeli kacang sihobuk adalah wisatawan. Hasil preferensi konsumen menujukkan bahwa semua atribut yang diamati dalam penelitian ini berbeda nyata atau terdapat perbedaan dalam setiap atribut yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak hipotesis alternatif (Ha) diterima karena dari ketiga atribut yang diamati, x2 hitung lebih besar daripada x2 tabel. Artinya, preferensi konsumen terhadap kacang sihobuk di kecamatan sipoholon tidak sama atau terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap kacang sihobuk tesebut, kemudian dikategorikan menjadi lebih spesifik. Kategori tersebut adalah 1) Rasa kacang sihobuk: manis, gurih, dan garing 2) harga kacang sihobuk RP. 10.000 Rp.20.000 Rp.30.000. dan Rp 50.000 3) kemasan kacang sihobuk, menarik, simpel, praktis, dan kualitas baik. Atribut yang mempengaruhi pembelian kacang sihobuk yaitu rasa, harga, dan kemasan berdasarkan penelitian, diharapkan yang dilakukan di lapangan dapat dilihat bahwa konsumen kacang sihobuk lebih tertarik pada rasa kacang sihobuk yang gurih, dan berdasarkan harga yang di dapat di lokasi penelitian dilapangan dapat dilihat bahwa konsumen kacang sihobuk lebih berminat membeli kacang sihobuk diharga yang Rp.20.000 dan kemasan kacang sihobuk yang ada di lokasi penelitian dapat dilihat bahwa konsumen kacang sihobuk lebih suka pada kemasan yang menarik. This study aims to determine the characteristics of sihobuk bean consumers in Sipoholon sub-district, North Tapanuli district, to analyze consumer preferences in buying Sihobuk beans in Sipoholon sub-district, North Tapanuli regency, to find out what attributes influence buying Sihobuk beans in Sipoholon sub-district, North Tapanuli regency. The method used for this study for sampling, namely sihobuk bean consumers, was carried out using the accidental sampling method (accidental sampling technique). Research Results and Discussion Based on the research and analysis that has been carried out, it can be concluded that the characteristics of respondents who consume sihobuk nuts are generally dominated by women with the widest age range at the age of 21-30 years who like sihobuk beans the most with the respondent's work in the most dominant research location. are working as civil servants or private employees with the last education of the most respondents being high school students with the income of respondents as sihobuk bean consumers at the study site at most Rp. 1,600,000-2,500,000 with the characteristics of peanut consumer buyers Sihobuk are tourists where tourists buy the most Sihobuk nuts. The results of consumer preferences show that all the attributes observed in this study are significantly different or there are differences in each attribute, which means that the null hypothesis (Ho) is rejected, the alternative hypothesis (Ha) is accepted because of the three observed attributes, the calculated x2 is greater than the x2 table. This means that consumers' preference for Sihobuk nuts in Sipoholon sub-district is not the same or there are differences in consumer preferences for Sihobuk nuts, then they are categorized to be more specific. The categories are 1) Sihobuk peanut taste: sweet, savory and crunchy 2) Sihobuk peanut price is RP. 10,000 Rp. 20,000 Rp. 30,000. and IDR 50,000 3) packaging of sihobuk nuts, attractive, simple, practical, and of good quality. Attributes that influence the purchase of sihobuk beans, namely taste, price, and packaging based on research, it is hoped that what is done in the field can be seen that consumers of sihobuk beans are more interested in the delicious taste of sihobuk beans, and based on the prices obtained at research locations in the field, it can be seen that consumers Sihobuk beans are more interested in buying Sihobuk beans at a price of Rp. 20,000 and the packaging of Sihobuk nuts at the research site can be seen that Sihobuk bean consumers prefer attractive packaging.
Description: 102 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22133
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198220135 - Richardowijaya Sibarani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.45 MBAdobe PDFView/Open
198220135 - Richardowijaya Sibarani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV369.35 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.