Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19206
Title: Analisis Profil Dan Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sate Lipan (Chilopoda) Dusun Belimbimbing Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kebupaten Serdang Bedagai
Other Titles: Analysis of the Profile and Development Strategy of Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) Sate Centipede (Chilopoda) of BelimGuiding Hamlet, Melati II Village, Perbaungan District, Serdang Bedagai Regency
Authors: Lubis, Putri Arpani
Keywords: umkm;sate lipan;analisis swot;strategi pengembangan;centipede satay;swot analysis;development strategy
Issue Date: 30-Aug-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168220051
Abstract: Keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Usaha sate lipan di Desa Melati II yang dikelola oleh bapak Ricki yang sudah berdiri sejak tahun 1986 dan pada tahun 2019 mulai ekspor ke Negara Vietnam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil usaha, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi pengembangan UMKM sate lipan. Metode penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Sampel penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan yang berjumlah 10 orang dan dari Dinas Perdagangan bagian ekspor 1 orang. Profil dari usaha CV. Syahira Mandiri ditinjau dari aspek manajemen telah melakukan perencanaan, pengorganisasian dan kepemimpinan, sedangan ditinjau dari aspek keuangan memiliki modal usaha dari modal sendiri yang dapat dikatakan layak dan memiliki keuntungan yang besar dengan keuntungan Rp 1.700.000/produksi/hari. Hasil analisis SWOT pada penelitian berada pada kuadran I (Strategi Agresif). Dengan potensinya sebagai produk unggulan daerah dan didukung dengan sudah memiliki pelanggan/pasar sehingga memudahkan produk untuk dipasarkan dan dijual, sate lipan yang dihasilkan dapat bertahan cukup lama, ini akan mendukung pemasaran yang mudah dan penetrasi pasar ke pasar regional dan luar negeri. Dengan menjaga dan mempertahankan kualitas produk yang baik untuk meningkatkan penjualan sate lipan, harus melakukan beberapa langkah, yaitu: pertama, menjaga kualitas produknya dengan tetap konsisten melakukan quality control produksi secara berkala. Selain itu aset terpenting dari sebuah usaha adalah pelanggan. Penerapan strategi harga merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh pemilik usaha atau pengelola, dalam menerapkan strategi bersaingnya untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat The existence of MSMEs is very useful in terms of the distribution of community income. The Centipede satay business in Melati II Village managed by Mr. Ricki has been established since 1986 and in 2019 began exporting to Vietnam. The purpose of this study was to determine the business profile, to find out the strengths, weaknesses, opportunities and threats as well as the development strategy of the Sate Centipede MSMEs. This research method uses SWOT analysis to identify various factors systematically to formulate corporate strategy. The samples of this study were business owners, 10 employees and 1 person from the Department of Trade in the export section. Profile of the business CV. Syahira Mandiri in terms of the management aspect has carried out planning, organizing and leadership, while from the financial aspect it has business capital from its own capital which can be said to be feasible and has a large profit with a profit of Rp 1,700,000/production/day. The results of the SWOT analysis in this study are in quadrant I (Aggressive Strategy). With its potential as a regional superior product and supported by already having customers/markets making it easier for products to be marketed and sold, the centipede satay produced can last quite a long time, this will support easy marketing and market penetration into regional and overseas markets. By maintaining and maintaining good product quality to increase sales of centipede satay, it is necessary to take several steps, namely: first, to maintain product quality by consistently conducting production quality control on a regular basis. In addition, the most important asset of a business is the customer. The application of a pricing strategy is one of the strategies applied by business owners or managers, in implementing their competitive strategies to face increasingly fierce market competition
Description: 107 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19206
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168220051 - Putri Arpani Lubis - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
168220051 - Putri Arpani Lubis - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.