Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19172
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Nita Permata Sari-
dc.date.accessioned2023-01-27T04:51:21Z-
dc.date.available2023-01-27T04:51:21Z-
dc.date.issued2022-09-20-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19172-
dc.description126 Halamanen_US
dc.description.abstractMetode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi. Populasi sebanyak 200 siswa dengan 3 kelas dan sampel berjumlah 166 dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan positif antara dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi, dimana koefisien rx1y = 4.382 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin baik dukungan sosial teman sebaya maka semakin baik resiliensinya. Koefisien r kuadrat dukungan sosial teman sebaya dengan variabel terikat resiliensi adalah sebesar r2 = 4,382. Ini menunjukkan bahwa resiliensi dibentuk oleh dukungan sosial teman sebaya dengan kontribusi sebesar 12,80%. Pada variabel regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi juga terdapat hubungan signifikan positif dimana koefisien rx2y = 18,072 dengan p = 0.000, hal ini berarti semakin baik regulasi diri dalam belajar maka semakin baik resiliensi. Koefisien r kuadrat regulasi diri dalam belajar dengan variabel terikat resiliesni adalah sebesar r2 = 0.870. Ini menunjukkan bahwa resiliensi dibentuk oleh regulasi diri dalam belajar dengan kontribusi sebesar 67.10%. Hasil serupa datang dari variabel dukungan sosial teman sebaya dan regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi pengaruh signifikan positif dimana koefisien r = 0.894 dengan p = 0.000 berarti p < 0,010. Koefisien determinan (r2) dari hubungan antara predictor dukungan sosial teman sebaya, regulasi diri dalam belajar dengan variabel terikat resiliensi adalah sebesar r2 = 0.799. Ini menunjukkan bahwa resiliensi dibentuk oleh regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya secara bersamasama dengan kontribusi sebesar 79.90%. This research method uses quantitative methods. The purpose of this study was to determine the effect of self-regulation in learning and peer social support on resilience. The population is 200 students with 3 classes and the sample is 166 with random sampling technique. The results of this study indicate that there is a significant positive effect between peer social support on resilience, where the coefficient rx1y = 4.382 with p = 0.000, this means that the better peer social support, the better the resilience. The coefficient of r squared peer social support with the dependent variable of resilience is r2 = 4.382. This shows that resilience is formed by peer social support with a contribution of 12.80%. In the variable of self-regulation in learning with resilience there is also a significant positive relationship where the coefficient rx2y = 18,072 with p = 0.000, this means that the better self-regulation in learning, the better resilience. The coefficient of r squared self-regulation in learning with the dependent variable resiliency is r2 = 0.870. This shows that resilience is formed by self-regulation in learning with a contribution of 67.10%. Similar results came from the variables of peer social support and self-regulation in learning with a significant positive influence resiliency where the coefficient r = 0.894 with p = 0.000 means p <0.010. The determinant coefficient (r2) of the relationship between the predictors of peer social support, self-regulation in learning with the dependent variable resilience is r2 = 0.799. This shows that resilience is formed by self-regulation in learning and peer social support together with a contribution of 79.90%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;191804008-
dc.subjectresiliensien_US
dc.subjectregulasi diri dalam belajaren_US
dc.subjectdukungan sosial teman sebayaen_US
dc.subjectresilienceen_US
dc.subjectself-regulation in learningen_US
dc.subjectpeer social supporten_US
dc.titlePengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Resiliensi pada siswa SMA Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapaten_US
dc.title.alternativeEffect of peer social support and selfregulation in learning on resilience in high school students Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191804008 - Nita Permata Sari Siregar - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.79 MBAdobe PDFView/Open
191804008 - Nita Permata Sari Siregar - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV321.42 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.