Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19138
Title: Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara
Other Titles: Service Quality for Making National Identity Cards (KTP) and Cards Families (KK) in Ujung Batu District, North Padang Lawas Regency
Authors: Hasibuan, Budi Alamsyah
Keywords: pelayanan;kualitas;quality
Issue Date: 19-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;201801071
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan dan kendala dalam pembuatan Kartu Tanda Pendudu (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Padang Lawas Utara. Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga merupakan dua kartu penting dalam berbagai urusan suratmenyurat di berbagai keperluan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal ini dilakukan karena peneliti akan memperhatikan berbagai data dalam teknik kualitatif dan kemudian akan memberikan interpretasi terhadap data yang diperoleh. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: data primer dan sekunder. Data primer berasal dari hasil pengamatan di lapangan dan wawancara dengan para narasumber yang tidak lain adalah para pegawai dan staf di kantor Kecamatan Ujung Batu. Sementara data sekunder diperoleh lewat buku, jurnal, dan internet yang terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator terkait kualitas pelayanan dan kendala dalam pelayanan pembuatan KTP dan KK di Kecamatan Ujung Batu. Dalam kualitas pelayanan, terdapat setidaknya tiga indikator penilaian yang penulis temukan, yaitu: tingkat pendidikan, kehadiran, dan SOP surat menyurat yang ada di kantor Kecamatan Ujung Batu. Dalam hal ini, penulis menilai pelayanan kualitas pembuatan KTP dan KK di kantor Kecamatan Ujung Batu sudah baik. Sementara itu dalam hal kendala, setidaknya juga ditemukan tiga kendala utama dalam hal pelayanan pembuatan KTP dan KK di Kecamatan Ujung Batu, yaitu: kualitas sumber daya manusia (SDM), jarak tempuh, serta sarana dan prasarana. Dalam hal ini penulis melihat ketiga kendala tersebut yang menjadikan belum maksimalnya pelayanan pembuatan KTP dan KK di Kecamatan Ujung Batu. This study aims to see how the quality of service and the constraints in making the Identity Card (KTP) and Family Card (KK) in Ujung Batu District, North Padang Lawas Regency. Identity Card and Family Card are two important cards in various correspondence affairs in various community needs. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. This is done because the researcher will pay attention to various data in qualitative techniques and then will provide an interpretation of the data obtained. There are two data collected in this study, namely: primary and secondary data. Primary data comes from observations in the field and interviews with resource persons who are none other than employees and staff at the Ujung Batu District office. Meanwhile, secondary data was obtained through books, journals, and the internet related to the theme of this research. The results of this study indicate that there are several indicators related to service quality and constraints in the service of making KTP and KK in Ujung Batu District. In terms of service quality, there are at least three assessment indicators that the authors found, namely: level of education, attendance, and SOP for correspondence at the Ujung Batu District office. In this case, the authors assess the quality of service for making ID cards and family cards at the Ujung Batu District office is good. Meanwhile, in terms of constraints, at least three main obstacles were found in terms of services for making KTP and KK in Ujung Batu District, namely: the quality of human resources (HR), distance traveled, and facilities and infrastructure. In this case, the author sees the three obstacles that make the service of making ID cards and family cards not optimal in Ujung Batu District.
Description: 114 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19138
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201801071 - Budi Alamsyah Hasibuan Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography715.77 kBAdobe PDFView/Open
201801071 - Budi Alamsyah Hasibuan Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV572.34 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.