Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18978
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDjodie, Mohammad Effan-
dc.date.accessioned2022-12-23T03:01:12Z-
dc.date.available2022-12-23T03:01:12Z-
dc.date.issued2022-08-08-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18978-
dc.description73 Halamanen_US
dc.description.abstractTransportasi merupakan bidang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dikarenakan transportasi merupakan suatu hal yang sering digunakan oleh warga Indonesia,Kepentingan bagi masyarakat umum akan hal keamanan dan kenyamanan bagi penumpang merupakan prioritas dari pihak pemerintah dan penyedia jasa transportasi.Dengan itu Pemerintah menetapkan sebuah Undang-Undang no.8 tahun 1999 yang memuat bahwa “Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen”. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan PT.Antar Lintas Sumatra dalam menanggapi konsumen yang kehilangan barang dalam memakai jasa transportasi PT.Antar Lintas Sumatra.Dan dengan penelitian ini agar bisa menjadi suatu pembelajaran bagi kita semua dalam bagaimana cara menanggapi konsumen yang kehilangan barang. Rumusan masalah dalam penelitian pada PT.Antar Lintas Sumatra meliputi dari hal Bagaimana tanggung jawab perusahaan,Mekanisme penyelesaian dan Bagaimana perusaahaan menyelesaikan masalah dalam pertanggung jawaban perdata. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris. Penelitian menggunakan data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan sedangkan data primer diperoleh melalui penelitian lapangan. Cara pengumpulan data sekunder dilakukan dengan metode dokumentasi dan alat pengumpulan datanya dengan studi dokumen. Cara pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan alat yang digunakan adalah pedoman wawancara terstruktur. Analisa data dilakukan secara kualitatif Perusahaan Penyedia jasa transportasi PT.Antar Lintas Sumatra membuat perjanjian dan kesepakatan kepada konsumen berupa perjanjian dalam menggunakan transportasi PT.Antar Lintas Sumatera. Transportation is a very important field of activity in the life of the Indonesian people. Because transportation is something that is often used by Indonesian citizens, the interest of the general public in terms of safety and comfort for passengers is a priority for the government and transportation service providers. Consumer protection is all efforts that guarantee legal certainty to provide protection to consumers. The purpose of this study is to find out how the company PT. Antar Lintas Sumatra responds to consumers who lose goods in using transportation services of PT. Antar Lintas Sumatra. And with this research, it can be a lesson for all of us in how to respond to consumers who lose goods. . This research is an empirical juridical law research. The study used secondary data and primary data. Secondary data was obtained through library research while primary data was obtained through field research. Secondary data collection is done by documentation method and the data collection tool is document study. Primary data collection is done by interview and the tool used is a structured interview guide. Data analysis is done qualitatively The formulation of the problem in the research at PT. Antar Lintas Sumatra includes how the company is responsible, the settlement mechanism and how the company resolves the problem in civil liability. The results of the discussion obtained from this research is the form of corporate responsibility Antar Lintas Sumatra.Ltd to consumers who lose goods. To find out how the responsibility of the company Antar Lintas Sumatra.Ltd to consumers who feel lost goods.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178400096-
dc.subjecttanggung jawaban perdataen_US
dc.subjectpelaku usahaen_US
dc.subjectkehilanganen_US
dc.subjecttransportasi daraten_US
dc.subjectcivil law responsibilityen_US
dc.subjectbusinessmanen_US
dc.subjectlosten_US
dc.subjectland transportationen_US
dc.titleTanggung Jawab Perdata Pelaku Usaha atas Hilangnya Paket Pengiriman Barang Konsumen Melalui Jasa Transportasi Darat (Studi Pt.Antar Lintas Sumatra Medan)en_US
dc.title.alternativeCivil Liability of Businesses for the Loss of Consumer Goods Delivery Packages Through Land Transportation Services (Study at Antar Lintas Sumatra Medan.Ltd)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178400096 - Mohammad Effan Djodie - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography757.94 kBAdobe PDFView/Open
178400096 - Mohammad Effan Djodie - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV285.41 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.