Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18687
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPranata, Sudirman-
dc.date.accessioned2022-12-07T04:18:47Z-
dc.date.available2022-12-07T04:18:47Z-
dc.date.issued2022-08-03-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18687-
dc.description52 Halamanen_US
dc.description.abstractDi tengah pandemik covid-19, proses pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu metode yang dipilih agar tetap terlaksananya proses belajar mengajar. Setiap anak didik beserta guru perlu mengakses smart application melalui handphone ataupun laptop. Peneliti melakukan penelitian di Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Nias. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penggunaan smart application dalam proses pembelajaran dimasa pandemi ini secara khusus dalam ruang lingkup anak-anak di Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Nias. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara kualitatif deskriptif, yang menekan pada enam indikator sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data. Penyajian data dan penarikan kesimpulan maupun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan smart application masih belum efektif dilihat dari kemampuan, keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi dan stres. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan smart application belum sesuai target dan belum optimal. In the midst of the covid-19 pandemic, distance learning is one of the methods chosen to keep the teaching and learning process running. Every student and teacher needs to access the smart application via mobile or laptop. Researchers conducted research in Ononamolo Talafu Nias Regency. The purpose of this research is to find out how effective the use of children in Ononamolo Talafu Nias Regency. The research method used descriptive qualitative research method, which emphasizes on six indicators as factors that affect effectiveness. Data collection techniques using interviews and documentation. Data analysis used is data reduction. Presentation of data and drawing conclusions as well as the results of this study indicate that the use of smart application is still not effective in terms of abilities, expertise, knowledge, attitudes, motivation and stress. That it can be emphasized that the use of smart application is not right on target and not optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188520109-
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectsmart applicationen_US
dc.subjectcovid-19en_US
dc.subjecteffectivenessen_US
dc.subjectsmart applicationen_US
dc.subjectcovid-19en_US
dc.titleEfektivitas Smart Application dalam Pemberdayaan Anak-Anak pada Masa Covid-19 Desa Ononamolo Talafu Kabupaten Niasen_US
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Intelligent Application in Empowering Children During Covid-19 Ononamolo Talafu Nias Regencyen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188520109 - Sudirman Pranata - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.21 MBAdobe PDFView/Open
188520109 - Sudirman Pranata - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV446.08 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.