Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18649
Title: Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Literasi Keuangan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di PT Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun
Other Titles: The Effect of Interest Rates, Financial Literacy and Service Quality on Customers' Decisions to Save at PT Bank Sumut, Pematang Raya Simalungun Branch
Authors: Meirani, Wandan Liasna
Keywords: interest rates;finacial literacy;quality and savings customer decisions;tingkat suku bunga;literasi keuangan;kualitas pelayanan dan keputusan nasabah menabung
Issue Date: 30-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188330074
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, literasi keuangan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di PT Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini data kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer. Metode penggumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun yang menggunakan jenis tabungan Martabe pada tahun 2020 dan 2021 sebanyak 33.271 orang. Penarikan sampel dengan metode Slovin. Dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat suku bunga berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun. Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun. Secara simultan tingkat suku bunga, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menabung di PT Bank Sumut Cabang Pematang Raya Simalungun. The purpose of this study was to determine the effect of interest rates, financial literacy and service quality on customer decisions to save at PT Bank Sumut Pematang Raya Simalungun Branch. Types of data that used in this study quantitative data, using data sources primary. The data collection method used a questionnaire. Population in This research is a customer of Bank Sumut, Pematang Raya Simalungun Branch who use the Martabe savings type in 2020 and 2021 as much as 33,271 people. Sampling using the Slovin method. In this research the number of samples is 100 people. Data analysis techniques used in This research is descriptive statistical test, data quality test, classical assumption test, test multiple linear regression and hypothesis testing with the help of SPSS software. Results this study shows that interest rates have a positive effect on the customer's decision to save at Bank Sumut Pematang Raya Branch Simalungun. Financial literacy has a positive effect on customer decisions saving at Bank Sumut, Pematang Raya Simalungun Branch. Quality service has a positive effect on customer decisions to save at the bank North Sumatra Simalungun Branch Pematang Raya. Simultaneously the interest rate, financial literacy, and service quality have a positive effect on decisions customers save at PT Bank Sumut Pematang Raya Simalungun Branch.
Description: 103 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18649
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188330074 - Wandan Liasna Meirani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.22 MBAdobe PDFView/Open
188330074 - Wandan Liasna Meirani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV7.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.