Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18615
Title: Studi Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Di Coffee Shop Pereka Coffee Medan
Other Titles: Identification Study of Factors Affecting Consumer Loyalty at Pereka Coffee Coffee Shop Medan
Authors: Br PA, Meilinda Wati Perbina
Keywords: coffee;konsumen;loyalitas;consumer;loyalty
Issue Date: 6-Oct-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188600098
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen di coffee shop Pereka Coffee Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian lebih dari dua kali di coffee shop pereka coffee dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental (accidental sampling) yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan penulis dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Pada penelitian ini juga menggunakan metode skala, skala yang digunakan adalah skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis faktor, sebelum dilakukan analisis faktor terlebih dahulu dilakukan uji asumsi sebagai syarat untuk melakukan analisis data. uji asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi normalitas sebaran dengan menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov. Berdasarkan dari hasil analisis data diketahui bahwa persentase faktor-faktor yang berkontribusi mempengaruhi loyalitas konsumen di pereka coffee antara lain faktor kualitas produk sebesar 0,894 atau 20%, faktor kualitas pelayanan sebesar 0,937 atau 21%, faktor emosional sebesar 0,929 atau 21%, faktor harga sebesar 0,894 atau 20% dan faktor biaya sebesar 0,818 atau 18%. Maka dengan itu di simpulkan bahwa faktor tertinggi yang berkontribusi mempengaruhi loyalitas konsumen di pereka coffee adalah faktor kualitas pelayanan sebesar 0,937 atau 21% dan faktor terendah yang berkontribusi mempengaruhi loyalitas konsumen adalah faktor biaya sebesar 0,818 atau 18%. This study aims to find out how many factors affect consumer loyalty at the Pereka Coffee Medan coffee shop. The method used in this study is a descriptive method of quantitative approach. The sample used in this study was consumers who made more than two purchases at coffee shops with a total sample of 60 consumers. The sampling technique uses incidental sampling technique (accidental sampling), which is a technique of determining samples based on chance, that is, anyone who coincidentally meets the author can be used as a sample, if it is seen that the person who happens to be met is suitable as a data source. In this study also used the scale method, the scale used was the Likert scale. The data analysis technique used in this study is a factor analysis technique, before factor analysis is carried out, an assumption test is first carried out as a condition for conducting data analysis. The assumption test used in this study is a distribution normality assumption test using the Kolmogorov-Smirnov technique. Based on the results of data analysis, it is known that the percentage of factors that contribute to influencing consumer loyalty in coffee makers include product quality factors of 0.894 or 20%, service quality factors of 0.937 or 21%, emotional factors of 0.929 or 21%, price factors of 0.894 or 20% and cost factors of 0.818 or 18%. Therefore, it is concluded that the highest factor that contributes to influencing consumer loyalty in coffee makers is the service quality factor of 0.937 or 21% and the lowest factor that contributes to influencing consumer loyalty is the cost factor of 0.818 or 18%.
Description: 108 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18615
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600098 - Meilinda Wati Perbina Br Pa - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.14 MBAdobe PDFView/Open
188600098 - Meilinda Wati Perbina Br Pa - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.