Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/1855
Title: Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Regulasi Diri pada Siswa-Siswi SMA Pencawan Medan
Authors: Sembiring, Silvani
Keywords: kecerdasan emosional
regulasi diri
Issue Date: Oct-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan regulasi diri pada siswa-siswi SMA Pencawan Medan yang berjumlah 59 orang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: a). Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan regulasi diri, dimana rxy = 0,552 ; sig = 0.000 < 0,010. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang telah diajukan sebelumnya dinyatakan diterima. b). Kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 30,5% kepada regulasi diri, selebihnya adalah faktor-faktor lain yang tidak dilihat dalam penelitian ini sebesar 69,53%, diantaranya adalah standar dan penguatan (reinforcement), observasi diri (self observation), proses penilaian (judgmental process), dan reaksi diri (self response). Hasil lain yang diperoleh adalah bahwa secara umum Kecerdasan emosional yang dimiliki siswa tergolong sedang, hal ini dilihat dari perbandingan mean atau nilai rata-rata hipotetik (125) < mean atau nilai rata-rata empirik (125,796), dimana selisih kedua mean/nilai rata-rata tersebut tidak melebihi bilangan SD (15,831). Demikian juga halnya dengan regulasi diri, dimana berdasarkan hasil penelitian ini, para siswa juga tergolong sedang. Kondisi regulasi diri yang tergolong sedang ini dapat dilihat dari perbandingan mean atau nilai rata-rata hipotetik (117,5) > mean atau nilai rata-rata empirik (116,203), dimana selisih kedua mean/nilai rata-rata tersebut tidak melebihi bilangan SD
URI: http://hdl.handle.net/123456789/1855
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600154_file1.pdfCover259.68 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file2.pdfAbstract124.86 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file3.pdfIntroduction161.37 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file4.pdfChapter I159.34 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file5.pdfChapter II184.33 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file6.pdfChapter III213.43 kBAdobe PDFView/Open
128600154_file8.pdfReference908.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.