Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18533
Title: Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Paloh Naga Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang
Other Titles: Marketing Communication Strategy for Paloh Naga Agrotourism, Denai Lama Village, Pantai Labu District, Deli Serdang Regency
Authors: Halmiaty, Nona
Keywords: strategi komunikasi
pemasaran pariwisata
agrowisata paloh naga
communication strategy
tourism marketing
agrotourism paloh naga
Issue Date: 28-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188530035
Abstract: Strategi komunikasi yang efektif pasti membutuhkan perencanaan yang baik dengan metode atau alat berkomunikasi untuk kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Agrowisata Paloh Naga Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknis analisis deskriptif yakni menjabarkan peristiwa-peristiwa yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran agrowisata paloh naga desa denai lama kecamatan pantai labu kabupaten Deli Serdang dalam menarik wisatawan terdapat lima jenis promosi atau yang sering disebut dengan bauran promosi, yaitu: Iklan (advertising) dengan cara menggunakan iklan seperti brosur, sign board dan media online seperti akun Facebook dan Instagram, Promosi Penjualan (sales promotion) dengan cara pihak pengelola maupun pihak staff promosi dan pemasaran memberikan informasi dari media sosial akun ataupun melalui interaksi tatap muka secara langsung antara pembisnis dengan konsumen, Hubungan Masyarakat (public relation) dengan cara dimana staff promosi dan pihak pengelola Agrowisata Paloh Naga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak media yang tujuannya memperkenalkan pariwisata paloh naga dan meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan. Penjualan Perorangan (personal selling) dengan cara staff promosi maupun pihak pengelola memberitahukan kepada pengunjung untuk informasi terbaru yang ada di agrowisata paloh naga dan Penjualan Langsung (direct selling) dengan cara pedagang mempromosikan produk atau jasa yang ditunjukkan langsung dan melibatkan penjualan berkontak langsung kepada konsumen. An effective communication strategy certainly requires good planning with communication methods or tools for marketing activities. This study aims to determine the marketing communication strategy of Paloh Naga Agrotourism, Denai Lama Village, Pantai Labu District, Deli Serdang Regency. An effective communication strategy certainly requires good planning with communication methods or tools for marketing activities. This study aims to determine the marketing communication strategy of Paloh Naga Agrotourism, Denai Lama Village, Pantai Labu District, Deli Serdang Regency. The type of method used in this research is descriptive qualitative. Data obtained from observations, interviews, and documentation using descriptive analysis techniques, namely describing the events studied. The results of this study indicate that in implementing the marketing communication strategy of paloh naga agro-tourism in the village of denai lama Pantai Labu District Deli Serdang Regency In attracting tourists, there are five types of promotions or what is often referred to as the promotion mix, namely: (Advertising) by using advertisements such as brochures, signage and online media such as Facebook and Instagram accounts, (Sales promotion) through managers and promotion and marketing staff providing information from social media accounts or through direct face-to-face interactions between entrepreneurs and consumers, Public Relations (Humas) in a way where the promotion and management staff of Agro-tourism Paloh Naga collaborate with various media parties with the aim of introducing Paloh Naga tourism and increasing the number of tourist visitors, (Personal selling) by means of promotional staff and managers informing visitors of the latest information about Paloh Naga agro-tourism and (Direct selling) is a way for traders to promote products or services that are displayed directly and involve direct contact sales to consumers.
Description: 120 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18533
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188530035 - Nona Halmiaty - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.02 MBAdobe PDFView/Open
188530035 - Nona Halmiaty - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.