Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18496
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamadhani, Tri Suci-
dc.date.accessioned2022-11-24T03:44:53Z-
dc.date.available2022-11-24T03:44:53Z-
dc.date.issued2022-09-15-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18496-
dc.description118 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara lingkungan kerja dengan kepuasan kerja pada guru di Pesantren Darul Arafah. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Skala ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah 90 guru dengan sampel 90 guru SMP dan SMA Dyah Galih Agung. Instrument penelitian adalah skala Lingkungan Kerja dan skala Kepuasan Kerja. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja dengan koefisien korelasi rxy = 0,329 dengan signifikan p = 0,048 < 0,05. Koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,301. Terdapat hubungan sebesar 0,301 atau setara dengan 30,1%. Artinya, semakin baik kondisi lingkungan kerja maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan kerja pada guru. Jadi antara kedua variabel ada hubungan sebab akibat. Dari hasil yang diperoleh ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesa yang diajukan diterima. Selain itu, guru Pesantren Darul Arafah mempunyai lingkungan kerja yang tergolong sedang dan kepuasan kerja yang tergolong sedang dapat terlihat dari mean empirik (42,29) > dari nilai hipotetik (37,5) pada lingkungan kerja dan mean empirik (127,29) > mean hipotetik (112,5) pada kepuasan kerja. This research aims to see the correlation between the work environment and job satisfaction of teachers at the Darul Arafah Islamic Boarding School. This study uses a correlational quantitative method. Sampling using total sampling technique. The measuring scale used in this study is using the Likert scale. The population in this study were 90 teachers with a sample of 90 junior high and high school teachers Dyah Galih Agung. The research instrument is the work environment scale and job satisfaction scale. There is a significant positive correlation between Work Environment and Job Satisfaction with a correlation coefficient of rxy = 0.329 with a significant p = 0.048 <0.05. The determinant coefficient (r2) of the correlation between the independent variable X and the dependent variable Y is r2 = 0.301. There is a correlation of 0.301 or equivalent to 30.1%. That is, the better the conditions of the work environment, the higher the level of job satisfaction for teachers. So there is a causal correlation between the two variables. From the results obtained, it can be stated that the proposed hypothesis is accepted. In addition, the Darul Arafah Islamic Boarding School teacher has a work environment that is classified as moderate and the job satisfaction is classified as moderate as can be seen from the empirical mean (42.29) > from the hypothetical value (37.5) in the work environment and the empirical mean (127.29) > hypothetical mean (112.5) on job satisfaction.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178600227-
dc.subjectguruen_US
dc.subjectkepuasan kerjaen_US
dc.subjectlingkungan kerjaen_US
dc.subjectteacheren_US
dc.subjectjob satisfactionen_US
dc.subjectwork environmenten_US
dc.titleHubungan antara Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja pada Guru di Pesantren Darul Arafahen_US
dc.title.alternativeCorrelation between the Work Environment with Job Satisfaction of Teachers in Darul Arafah Islamic Boarding Schoolen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178600227 - Tri Suci Ramadhani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.01 MBAdobe PDFView/Open
178600227 - Tri Suci Ramadhani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV733.1 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.