Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18409
Title: Hubungan antara Efikasi Diri dan Stres Kerja pada Guru SLB Daerah Tapanuli Bagian Selatan
Other Titles: The Correlation between Self-Efficiency and Work Stress in Special Needs School Tapanuli Teachers in the South Part of Tapanuli
Authors: Siregar, Bunga Faramita
Keywords: efikasi diri;stres kerja;guru SLB;self eficacy;special needs teachers;work stress
Issue Date: 16-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188600232
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dan stres kerja pada guru SLB daerah Tapanuli Bagian Selatan di 3 daerah berbeda yaitu Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, dan Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, subjek penelitian adalah guru di SLB Angkola Timur, SLB Padangsidimpuan, SLB Padang Lawas Utara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 56 orang beserta sampel dalam penelitian ini adalah 56 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan program komputer IBM SPSS 24. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian korelasi pearson product moment. Nilai reliabilitas dalam penelitian ini diambil dari nilaiُ cronbach’sُ alphaُ efikasiُ diriُ sebesarُ 0,602 dan stres kerja sebesar 0,786. Penelitian ini melakukan uji normalitas dan linearitas, dimana hasil yang didapatkan bahwa data bersifat normal dan memiliki linear terhadap kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif antara efikasi diri dan stres kerja pada guru SLB daerah Tapanuli Bagian Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,608 dan p = 0,001 (p<0,05), artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah stres kerja, sebaliknya semakin rendah efikasi diri semakin tinggi stres kerja. Sumbangsi efikasi diri terhdap stres kerja sebesar 75,1%. This research aims to see the correlation between self-efficacy and work stress for SLB teachers in the Southern Tapanuli Area. This research uses quantitative methods, the subjects are teachers at Special School Angkola Timur, Special Schools Padangsidimpuan, Special School Padang Lawas Utara. The total population in this study were 56 people and the sample in this study was 56 people. The sampling technique in this study used non-probability sampling using a total sampling technique. This research uses data analysis using IBM SPSS 24 computer program. This research uses Pearson product moment correlation research type. The reliability value in this study was taken from Cronbach's alpha self-efficacy value of 0.602 and work stress of 0.786. This study carried out normality and linearity tests, where the results obtained were that the data were normal and had linearity on both variables. The results showed that there was a negative relationship between self-efficacy and work stress for Special Needs School teachers in the Southern Tapanuli area. This is indicated by the correlation coefficient (r) of -0.608 and p = 0.001 (p <0.05), meaning that the higher the self-efficacy, the lower the work stress, the lower the self-efficacy the higher the work stress. Contribution of self-efficacy to work stress is 75,1%.
Description: 130 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18409
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188600232 - Bunga Faramita Siregar - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.73 MBAdobe PDFView/Open
188600232 - Bunga Faramita Siregar - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV396.95 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.