Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18318
Title: Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Tingkat Keamanan terhadap Keputusan Penggunaan Mobile Banking di Kalangan Generasi Y Dan Z (Studi pada Masyarakat Kecamatan Medan Sunggal)
Other Titles: The Effect of Perceived Ease and Perceived Security Levels on Decisions to Use Mobile Banking Among Generation Y and Z in District of Medan Sunggal
Authors: Wardhani, Julistia
Keywords: persepsi kemudahan;persepsi tingkat keamanan;keputusan penggunaan;perception of ease;perception of security level;decision to use
Issue Date: 8-Sep-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188320310
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Tingkat Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Mobile Banking Di Kalangan Generasi Y Dan Z Pada Masyarakat Kecamatan Medan Sunggal”. Yang mana Persepsi Kemudahan diartikan sebagai seberapa jauh seorang individu merasa yakin akan terbebas dari kesukaran usaha apabila ia menggunakan suatu teknologi. Persepsi Tingkat Keamanan merupakan keadaan dimana terbebas dari bahaya. Dan Keputusan Penggunaan merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen yang ingin melakukan sebuah pilihan maka konsumen tersebut harus sudah memiliki dua atau lebih alternatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengguna Mobile Banking di wilayah Kecamatan Medan Sunggal dengan total sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling dan kriteria pengguna berasal dari Kalangan Generasi Y dan Z serta telah menggunakan Mobile Banking minimal 3 kali transaksi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Pada pengujian (Persepsi Tingkat Keamanan) didapati bahwa Persepsi Tingkat Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Berdasarkan hasil Uji F didapati bahwa Persepsi Kemudahan dan Persepsi Tingkat Keamanan pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan Penggunaan. Pada Uji Koefisien Determinasi ( ) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,755 (75,5%). Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen memiliki kemampuan yang kuat (0,60-0,799) dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen (Keputusan Penggunaan) pada penelitian ini. Sisanya 24,5% yang akan terpengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini. This study aims to determine "The Effect of Perceptions of Ease and Perception of Security Levels on Decisions to Use Mobile Banking Among Generations Y and Z in the District of Medan Sunggal". Perception of convenience is defined as how far an individual feels confident that he will be free from business difficulties if he uses a technology. Perceived level of security is a state of being free from danger. And the decision to use is an action taken a consumer who wants to make a choice, the consumer must already have two or more alternatives. This research uses associative research type. The population in this study are Mobile Banking users in the District of Medan Sunggal area with a total sample of 100 respondents using a sampling technique using Non Probability Sampling with a purposive sampling approach and the criteria for users are from Generation Y and Z and have used Mobile Banking at least 3 transactions. . Data was collected Oleh distributing questionnaires through Google Form. Based on the results of the T test, it was found that the perception of convenience had a positive and significant effect on the decision to use. In the X2 test (Security Level Perception) it was found that the Security Level Perception had a positive and significant effect on the Decision to Use. Based on the results of the F test, it was found that the perception of convenience and the level of security had a simultaneous effect on the decision to use. In the Coefficient of Determination Test (R2), it can be seen that the Adjusted R Square value obtained is 0.755 (75.5%). This shows that the independent variable has a strong ability (0.60-0.799) in explaining variations in the dependent variable (Use Decision) in this study. The remaining 24.5% will be affected by other factors that cannot be explained in this study.
Description: 95 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18318
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188320310 - Julistia Wardhani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.36 MBAdobe PDFView/Open
188320310 - Julistia Wardhani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV901.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.