Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17979
Title: Kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri 14 Rantau Utara kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu
Other Titles: The leadership of the principal of the 14 Rantau Utara State Elementary School North Rantau sub-district, Labuhan Batu Regency
Authors: Warjio
Isnaini
Hasibuan, Nini Syafriani
Keywords: Kepemimpinan
Pengelolaannya
Leadership
its Management
Issue Date: 29-Jan-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;191801090
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengkaji mengenai kepemimpinan kepala sekolah Dasar Negeri 14 Rantau Utara Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, dalam kepemimpinannya menunjukkan bahwa kepala sekolah kurang maksimal dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya, dan kurang tegas dalam memberikan tindakan. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah terdiri dari pertama, bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 14 Rantau Utara; kedua, bagaimana Pengelolaan Sekolah dalam meningkatkan cara mengajar guru di sekolah tersebut; dan ketiga, bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pengelolaan Sekolah dengan kinerja dan mutu sekolah SD Negri 14 Rantau Utara. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan intrumen pengumpulan data observasi, studi dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Penelitian ini bertujuan mengkaji mengenai kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar 14 Rantau Utara Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, dalam kepemimpinannya menunjukan bahwa Kepala Sekolah kurang maksimal dalam melaksanakan tugas kepemimpnannya dan kurang tegas dalam memberikan tindakan. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah terdiri dari pertama, bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 14 Rantau Utara, kedua bagaimana pengelolaan sekolah dalam meningakatkan cara mengajar guru di sekolah tersebut. Dan ketiga , bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap pengelolaan sekolah dengan kinerja dan mutu sekolah 14 Rantau Utara. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptip dengan instrumen pengumpulan data observai, studio dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan untuk menggerakkan, memengaruhi, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintah, melarang, dan bahkan menghukum (kalau perlu), serta membina dengan maksud agar guru sebagai manajemen mau bekerja da;am rangka mencapai tujuan administrasi secara efektif dan efisien yang dilakukan oleh seseorang kepala sekolah. Kepala sekolah akan di hadapkan kepada sikap para guru dan para siswa yang mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda, jadi kepala harus bertindak arif bijaksana, adil, tidak ada pihak yang dikalahkan atau di anak emaskan seorang pemimpin kepala sekolah harus dapat memperlakukan sama terhadap orang – orang yang menjadi bawahannya, sehingga mencipatakan semangat kebersamaannya, sehingga menciptakan semangat kebersamaannya dianatar mereka yaitu guru, staf dan para siswa. Di rekomendasikan bagi pihak sekolah, perlu memperhatikan serta memberi dukungan yang lebih agar segala hal yang belum tercapai selama ini bisa terpenuhi dan dipertahankan atau ditingkatkan adapun pada aspek tertentu masih diperlukan perhatikan lebih dan pengembangan yang maksimal demi meningkatkan sekolah tersebut. This thesis discusses the analysis of the leadership role of the principal of the 14 Rantau Utara State Elementary School, Rantau Utara District, Labuhan Batu Regency. This study aims to determine: (1) the leadership role of the principal in elementary schools (2) the management of the school (3) of the principal's leadership on school management. This type of research is a type of field research (field research) with a qualitative approach. The sources of data for this research are the principal, school teachers in their respective fields, school operators, representatives of several parents. Data collection methods used are observation, interviews and documentation. Then the presentation of the data goes through four stages, namely: data reduction, analyzing data, compiling data and drawing conclusions. The results of this study indicate that, the principal's leadership on school management in terms of the principal's leadership at State Elementary School 14 has been fairly effective, in addition to placing himself as a headmaster leader as well as a role model who always provides motivation, direction and advice to students. subordinates both to teachers and staff as well as to their students. Principals in elementary schools maintain order and school discipline, and strive for the progress of the school. In the management of facilities and infrastructure, it is still considered inadequate or not enough because the principal is constrained by funds so that he has not been able to cover the shortcomings in the school, but the principal is still trying to cooperate with the government in the progress and development of the school and can meet the needs of the school. especially in learning.
Description: 84 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17979
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191801090 - Nini Syafriani Hasibuan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography2.74 MBAdobe PDFView/Open
191801090 - Nini Syafriani Hasibuan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.