Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17936
Title: Hubungan Kontrol Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan
Other Titles: The Relationship Of Self-Control And Peer Conformity With Bullying Behavior In Students In Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan
Authors: Munir, Abdul
Hasanuddin
Safitri, Chairunnisa
Keywords: kontrol diri
self control
teman sebaya
peer conformity
Issue Date: 13-Jan-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;191804075
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying di Madrasah Aliyah Al-Wasliyah 12 Perbaungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah skala likert untuk mengukur kontrol diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini ada 435 orang dengan sampel adalah 140 orang dengan melakukan screening terhadap siswa yang berperilaku bullying dan hasil uji coba menjadi 110 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan dengan hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan perilaku bulying yang ditunjukkan oleh koefisien rxy =-0,501 dengan kontribusi sebesar 25,1% (2)ada hubungan negatif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasliyah 12 Perbaungan yang ditunjukkan oleh Rx2y = -0,492 dengan kontribusi sebesar 24,2% (3)Ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying yang ditujukkan oleh koefisien F=7,509 R=0,551 sedangkan R2= 0,303 dengan kontribusi sebesar sebesar 30,3%.Dari hasil peneitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. This study aims to determine the relationship between self-control and peer conformity with bullying behavior at Madrasah Aliyah Al-Wasliyah 12 Perbaungan. This type of research is quantitative research with correlational method. The measuring instrument used is the Likert scale to measure self-control and peer conformity with bullying behavior. The data analysis method used in this research is multiple regression analysis. The population in this study were 435 people with a sample of 140 people by screening students who behaved in bullying and the test results became 110 people. The sampling technique is total sampling. The subjects in this study were students at Madrasah Aliyah Alwasliyah 12 Perbaungan with the results of the study showing that: (1) There was a significant negative relationship between self-control and bullying behavior as indicated by the rxy coefficient = -0.501 with a contribution of 25.1% (2) there is a significant negative relationship between peer conformity and bullying behavior of students at Madrasah Aliyah Al-Wasliyah 12 Perbaungan indicated by Rx2y = -0.492 with a contribution of 24.2% (3) There is a significant relationship between self-control and peer conformity with bullying behavior shown by the coefficient F = 7.509 R = 0.551 while R2 = 0.303 with a contribution of 30.3%. From the results of this research, the proposed hypothesis is accepted.
Description: 118 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17936
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191804075_Chairunnisa Safitri_Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV479.65 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
191804075_Chairunnisa Safitri_Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III, Bibliography1.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.