Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17441
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSahputra, Dedi-
dc.contributor.advisorDwiana, Resi-
dc.contributor.authorLubis, Suci Amalia Hermawan-
dc.date.accessioned2022-06-28T09:50:52Z-
dc.date.available2022-06-28T09:50:52Z-
dc.date.issued2022-04-05-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17441-
dc.description82 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dari adanya pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia, sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memerintahkan perguruan tinggi untuk melaksanakan kegiatan belajar dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran online dilakukan oleh mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area. Analisis Computer Mediated Communication (CMC) dilakukan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat mahasiswa dalam melakukan pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa (1) banyak media pembelajaran yang dapat membantu untuk melaksanakan pembelajaran online. (2) kemudahan dalam mengakses media pembelajaran menjadi salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran online. (3) jaringan sering kali menjadi hambatan yang diterima mahasiswa ketika melaksanakan pembelajaran online (4) dimensi-dimensi yang terdapat pada Computer Mediated Communication (CMC) sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran online salah satunya informasi yang disampaikan melalui Computer Mediated Communication (CMC) dapat menjangkau wilayah yang luas The reason of this research is the Covid-19 pandemic that attacked Indonesia, therefore the Ministry of Education and Culture ordered universities to carry out learning activities from home. The purpose of the research is to find out how online learning is carried out by Communication Studies students at Medan Area University, Computer Mediated Communication (CMC) analysis is implemented to find out what are the supporting and constraining factors for students in doing online learning. This research is a qualitative research. with data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation which were analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that (1) there are many learning media that can help to carry out online learning. (2) the ease of accessing learning media is one of the supporting factors in online learning. (3) the network is often a barrier that students receive when carrying out online learning (4) the dimensions contained in Computer Mediated Communication (CMC) are in accordance with the implementation of online learning, one of which is information conveyed through Computer Mediated Communication (CMC) that can reach areas broadlyen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178530098-
dc.subjectPembelajaran Onlineen_US
dc.subjectComputer Mediated Communication (CMC)en_US
dc.subjectMedia Pembelajaran.en_US
dc.titlePembelajaran Berbasis Internet (Analisis Computer Mediated Communication Pada Pembelajaran Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area)en_US
dc.title.alternativeInternet-Based Learning (Computer Mediated Communication Analysis on Online Learning for Communication Studies Students, Medan Area University)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178530098 - Suci Amalia Hermawan Lubis - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.1 MBAdobe PDFView/Open
178530098 - Suci Amalia Hermawan Lubis - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV677.1 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.