Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17280
Title: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SDN 068003 Medan
Other Titles: Relationship Between Students Emotional Intelligence and Bulliying Behavior at SDN 068003 Medan
Authors: Saragi, Sri Wahyuni
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Rahmi
Keywords: kecerdasan emosional;emotional inteligence;bullyng
Issue Date: 27-Sep-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;128600259
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Perilaku Bullying di SDN 068003 Medan. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying anak di SDN 068003. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap 40 orang anak kelas VI, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan try out terpakai, karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki peneliti. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.) Terdapat hubungan negative yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = -0,497: p=0,001 dimana p < 0,05. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima, dimana semakin tinggi kecerdasan emosional seorang anak maka akan semakin rendah perilaku bullyingnya dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosionalnya maka semakin tinggi perilaku bullyingnya. 2). Kecerdasan emosional yang dimiliki oleh anak memberikan pengaruh sebesar 24,7% terhadap perilaku bullying. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diketahui bahwa masih terdapat 75,3 % peranan dari faktor lain terhadap perilaku bullying anak tersebut, dimana faktor-faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak dilihat, diantaranya adalah : kemiskinan, anoniomitas, suhu udara yang panas, kesenjangan generasi, amarah, peran belajar model kekerasan, frustasi, dan proses pendisiplinan yang keliru. --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------This research aims to see the relationship between students’ emotional intelligence and behavior bullying at SDN 068003 Medan. To prove The research hypothesis was carried out on 40 grade VI children, using techinques purposive sampling, with the method of colleting data using a scale This research uses integrated trials, due to the limited resources the researcher has. The analysis technique used for analyzing data is the result of the incident. The result showed that : 1). There is significant negative relationship between emotional intelligence and bullying behavior. Result this is evidenced by the correlationship, namely rxy = -0,497: p=0,001 where p < 0,05. With thus, the hypothesis proposed in this research is accepted, where the higher a child’s emotional intelligence, the lower the behavior bullying and vice versa the lower the emotional intelligence, the higher bullying behavior. 2). The emotional intelligence possessed by children has an influence amounted to 24,7% of bullying behavior. Based on the result of this research, it is known that there are still 75,3% of the role of others factors on the child’s bullying behavior, where other factors in this research were not seen, including : poverty, anonymity, hot air temperature, generation gap, anger, role learning, models violence, frustration and erroneous disciplinary processes.
Description: 78 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17280
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600259 - Sri Wahyuni Saragi - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.19 MBAdobe PDFView/Open
128600259 - Sri Wahyuni Saragi - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV446.82 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.