Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16397
Title: Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Kembali (Studi Kasus pada Istana Maimun, Kota Medan)
Other Titles: The Effect of Experiential Marketing on Interest in Returning (Case Study at Maimun Palace, Medan City)
Authors: Pasaribu, Sarifah Aini
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Dahrul
Keywords: sense;feel;think;act;relate;minat berkunjung kembali;revisit intention
Issue Date: 27-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320153
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sense, feel, think, act, dan relate terhadap minat berkunjung kembali pada wisatawan yang berkunjung ke Istana Maimun, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena empiris yang disertai data statistik, karakteristik dan hubungan antar variabel yang teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung Istana Maimun yang berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah purposive sampling. Teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantara lima dimensi experiential marketing, dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali adalah think, act dan relate sedangkan dimensi yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali adalah sense dan feel. Nilai Adjusted R2 persamaan sebesar 0,648 artinya bahwa variabel minat berkunjung kembali (dependent) yang dapat dijelaskan oleh variabel sense, feel, think, act, dan relate(independent) dalam penelitian ini sebesar 64,8% sedangkan 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. act, and relation on the interest in returning to tourists who visit Maimun Palace, Medan City. This type of research is descriptive quantitative, which is a study that aims to explain an empirical phenomenon accompanied by statistical data, characteristics and relationships between variables whose data collection techniques use a questionnaire, and literature study.Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires using a Likert scale. The sample in this study were visitors to the Maimun Palace, amounting to 100 respondents using the Slovin formula. The method used in data collection is purposive sampling. The analysis technique uses multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 24 program.The results of this study indicate that among the five dimensions of experiential marketing, the dimensions that influence the interest in returning to visit are think, act and relate, while the dimensions that have no influence on the interest in returning to visit are sense and feel. The adjusted R2 value of the equation is 0.648 which means that the variable interest in returning to visit (dependent) which can be explained by the variables sense, feel, think, act, and relate (independent) in this study is 64.8% while 35.2% is influenced by other variables. which is not explained by this study.
Description: 96 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16397
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320153 - Sarifah Aini Pasaribu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.79 MBAdobe PDFView/Open
178320153 - Sarifah Aini Pasaribu - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV785.94 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.