Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16276
Title: Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019
Other Titles: Pengaruh Pertumbuhan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019
Authors: Dinatunnazhifah, Wildah
metadata.dc.contributor.advisor: Miftahuddin
Keywords: pertumbuhan penjualan;ukuran perusahaan;nilai perusahaan;sales growth;company size;price to book value
Issue Date: 5-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320135
Abstract: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan terhadap Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam jangka periode waktu 2015-2019. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 88 (delapan puluh delapan) Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 (lima puluh) dalam jangka periode waktu 2015-2019 dengan jumlah 10 perusahaan terpilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non partisipan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Eviews 9. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Ukuran Perusahaan (SIZE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Nilai yang dihasilkan dalam penelitian kali ini adalah nilai Adjusted R-squared yang menunjukkan 75,28% Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan mampu mempengaruhi Nilai Perusahaan (PBV) dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain sebesar 24,72%. This study aims to determine whether Sales Growth and Company Size have an influence on Firm Value on Manufacturing Companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2015-2019 time period. The type in this research is associative research. The data source used in this research is secondary data. The population in this study were 88 (eighty eight) Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector. The samples taken in this study were 50 (fifty) in the period 2015-2019 with a total of 10 selected companies. The data collection technique used was the non-participant observation method. The data analysis technique is performed using Eviews 9. The results of hypothesis testing show that Sales Growth does not have a significant effect on Price to Book Value (PBV). Firm Size (SIZE) has a negative and significant effect on Price to Book Value (PBV). The value generated in this research is the value of Adjusted R-squared which shows 75,28% Sales Growth and Company Size can affect Price to Book Value (PBV) and the rest is influenced by other factors of 24,72%.
Description: 65 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16276
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320135 - Wildah Dinatunnazhifah - Fulltext.pdfChapter IV1.1 MBAdobe PDFView/Open
178320135 - Wildah Dinatunnazhifah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Cover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography440.5 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.