Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16053
Title: Hubungan Antara Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kisaran
Other Titles: The Relationship Between Independence And Adjustment In Darul Hikmah Islamic Boarding School Students Kisaran
Authors: Sitorus, Davila Nur Azlida
metadata.dc.contributor.advisor: Dewi, Salamiah Sari
Afita, Laili
Keywords: kemandirian;penyesuaian diri;santri pondok pesantren;independence;adjustment;islamic boarding school santri
Issue Date: 30-Jun-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600408
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Kisaran. Penyesuaian diri adalah interaksi yang berlangsung secara terus menerus dengan diri kitasendirimaupun dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Jenis penelitian ini digunakan dengan korelasional populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII Pondok Pesantren Darul Hikmah . Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara Purposive Sampling berjumlah 72 siswa. Teknik penggumpulan data menggunakan skala likert diambil dengan cara Purposive Sampling. Metode analisis pengambilan data menggunakan Korelasi pearson product moment menggunakan program SPSS versi 21.0. koefisien korelasi rxy = 0,326 dengan p = 0,000< 0,05 sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan, jika nilai signifikasi yang diperoleh p < 0,05 maka hasil penelitain dinyatakan sangat signifikan. . Hipotesis penelitian dinyatakan ada hubungannya kemandirian dengan penyesuaian diri. Nilai rata-rata empirik penyesuain diri = 132,58 sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar = 100 sehingga variabel penyesuaian diri tergolong tinggi, begitu pula dengan nilai rata-rata empirik kemandirian = 136,56 sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar = 72,5 sehingga variabel kemandirian tergolong tinggi, subangan efektif yang di berikan sebesar X terhadap Y (BE%) = 10,6%. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima. This study aims to determine the correlation between independence and self-adjustment of Darul Hikmah Kisaran Islamic Boarding School Santri. Adjustment is an ongoing interaction with ourselves and with others. This study uses a quantitative approach. This type of research is used with a correlational population in this study is all students of class VII Pondok Pesantren Darul Hikmah. The sample in this study was taken by means of purposive sampling totaling 72 students. Analysis of data using a Likert scale taken by purposive sampling. The data retrieval analysis method uses Pearson product moment correlation using SPSS version 21.0 program. correlation coefficient rxy = 0.326 with p = 0.000 < 0.05 in accordance with predetermined criteria, if the significance value obtained is p < 0.05, the results of the study are stated to be very significant. . The research hypothesis stated that there was a relationship between independence and adjustment. The average value of the empirical self-adjustment = 132.58 while the hypothetical average value = 100 so that the self-adjustment variable is high, as well as the empirical mean value of independence = 136.56 while the hypothetical average value is = 72, 5 so that the independence variable is high, the effective contribution given is X to Y (BE%) r^2 = 10.6%.Based on the results of the study, the research hypothesis was declared accepted.
Description: 108 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16053
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600408 - Davila Nur Azlida Sitorus - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.42 MBAdobe PDFView/Open
168600408 - Davila Nur Azlida Sitorus - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV541.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.