Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15858
Title: Strategi Pemasaran ABERASI Aksesoris Melalui Budaya Resin
Other Titles: Marketing Strategy Of ABERASI Accessories Through The Resin Culture
Authors: Khodijah, Siti
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, M Yamin
Keywords: strategi pemasaran;bauran pemasaran;analisis swot;bisnis model kanvas;marketing strategy;marketing mix;swot analys;business model canvas
Issue Date: 24-Jun-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178320083
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segala bentuk implementasi konsep bauran pemasaran 4P yang digunakan dalam mengkreasikan produk ABERASI, dan menganalisis model bisnis yang digunakan oleh ABERASI.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil kuisioner, dokumentasi dan wawancara secara langsung pada pemilik usaha sekaligus penjual serta konsumen ABERASI. Penelitian ini menggunakan metode analisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teori pemasaran yang meliputi model bisnis, pendekatan business model canvas, bauran pemasaran, analisis SWOT dan matriks SWOT. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display dan conclusing drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengkreasikan produknya ABERASI menggunakan elemen bauran pemasaran 4P. Produk yang terbuat dari bahan baku resin. Harga setiap produk ABERASI ditentukan dengan mempertimbangkan bahan baku, teknik dalam pembuatan serta biaya transfortasi. Tempat atau saluran distribusi produk ABERASI dilakukan secara online maupun offline ke lokasi operasional.Promosi yang dilakukan terdiri dari instagram, facebook, lazada dan word of mouth. Berdasarkan pada hasil business model canvas menunjukkan bahwa dalam kegiatan sehari-hari ABERASI sudah menerapkan sembilan elemen yang terdapat pada business model canvas dan juga menghasilkan sebuah evaluasi yang diperoleh berdasarkan hasil dari analisis SWOT pada setiap elemen business model canvas untuk memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, target spesifik konsumen, aktivitas pemasaran serta kemampuan finansial ABERASI. This study aims to identify and analyze all forms of implementation of the 4P marketing mix concept used in creating ABERASI products, and to analyze the business models used by ABERASI. This research was conducted in February 2021, the source of the data in this study was obtained through the results of questionnaires, documentation and direct interviews with business owners as well as sellers and consumers of ABERASI. This study uses a descriptive analysis method with a qualitative approach using marketing theory which includes a business model, a business model canvas approach, marketing mix, a SWOT analysis and a SWOT matrix. Data analysis techniques include data reduction, data display and conclusing drawing. The results of this study indicate that in creating its products ABERASI uses the 4P marketing mix elements. Products made from resin raw materials. The price of each ABERASI product is determined by considering the raw materials, manufacturing techniques and transportation costs. The place or channel for the distribution of ABERASI products is carried out online and offline to operational locations. The promotions consisted of Instagram, Facebook, Lazada and word of mouth.Based on the results of the business model canvas, it shows that in daily activities ABERASI has implemented the nine elements contained in the business model canvas and also produces an evaluation based on the results of the SWOT analysis on each element of the business model canvas to improve the quality of service provided to consumers, specific target consumers, marketing activities and ABERASI's financial capabilities.
Description: 110 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15858
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320083 - Siti Khodijah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV427.94 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178320083 - Siti Khodijah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.