Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15734
Title: Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Bpjs Kesehatan Atas Penerapan Prosedur Pelayanan Kesehatan Di Rsup Haji Adam Malik Medan
Authors: Hutajulu, Reynaldi Gabe Parsaoran
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Utary Maharani
Lubis, Aldi Subhan
Keywords: Prosedur Pelayanan Kesehatan;Perlindungan Hukum;Upaya Hukum;Health Service Procedures;Legal Protection;Legal Effor
Issue Date: 20-Sep-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Informasi mengenai prosedur pelaksanaan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sangatlah penting bagi masyarakat atau pasien ketahui. Tetapi masih saja ada pengaduan keluhan pasien terutama pasien BPJS yang melakukan pengaduhan keluhan terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Unit tempat layanan keluhan bagi pasien di Rumah Sakit sangatlah berguna bagi pasien, karna disitulah pasien dapat mengutarakan keluhan-keluhan mereka terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit yang kurang baik. Bila keluhan mereka tidak di selesaikan oleh pihak Rumah Sakit, penting ada nya perlindungan hukum bagi pasien BPJS agar hak-hak mereka dapat terpenuhi atas kerugian yang mereka alami. Perlindungan hukum pada pasien BPJS bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran para pelaku atau instansi akan penting nya perlindungan hukum kepada pasien BPJS sehingga pelayanan kesehatan di Rumah Sakit terus meningkat demi kepuasan dan kenyamanan pasien BPJS. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur pelaksanaan pelayanan kesehatan di RSUP Haji Adam Malik Medan terhadap pasien BPJS Kesehatan. Bagaimana perlindungan hukum terhadap pasien BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di RSUP Adam Malik. Upaya apa saja yang dapat ditempuh oleh pasien BPJS Kesehatan bila hak mereka tidak terpenuhi terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Metode penelitian pada skripsi ini adalah : Penelitian Kepustakaan yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan sumber bacaan, yakni Undang-Undang, buku-buku, media massa, jurnal hukum yang berhubungan dengan materi yang dibahas dalam skripsi ini. Dalam Penelitian ini terdapat data primer sekunder. Penelitian Lapangan yaitu dengan melakukan penelitian langsung ke Lapangan. Dalam hal ini, peneliti langsung melakukan penelitian ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan dengan cara wawancara dan pengambilan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah berupa prosedur pelaksanaan pelayanan kesehatan di RSUP Haji Adam Malik Medan dari awal mendaftar sampai dengan ke dalam ruang rawat. Setelah itu, hasil penelitan yang diperoleh selanjutnya ialah terdapat nya beberapa keluhan-keluhan pasien BPJS dan mengetahui kemana keluhan-keluhan pasien BPJS tersebut ditujukan. Pengaturan hukum terkait dengan perlindungan hukum bagi pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit di antaranya Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 25 ayat 1 huruf e, Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pasien BPJS Kesehatan yakni melalui Jalur Non Litigasi (Musyawarah atau Mediasi) dan Jalur Litigasi (Pengadilan). It is critical for the community or patients to be aware of the methods for implementing health services in hospitals. However, there are still concerns from patients, particularly BPJS patients, about hospital health services. The unit where the hospital's patient complaint service is located is extremely beneficial to patients because it is there that they may express their dissatisfaction with the hospital's substandard health services. If the hospital does not settle their complaints, it is critical that BPJS patients have legal protection so that their rights to compensation for their losses can be met. The unit where the hospital's patient complaint service is located is extremely beneficial to patients because it is there that they may express their dissatisfaction with the hospital's substandard health services. If the hospital does not settle their complaints, it is critical that BPJS patients have legal protection so that their rights to compensation for their losses can be met. How is BPJS Health patients' legal protection for health services at Adam Malik General Hospital. What steps can BPJS Health patients take if their rights to health care at hospitals are not respected. The following are the research methods used in this thesis: Literature Research, which is research based on reading sources such as legislation, books, mass media, and legal journals that are relevant to the content presented in this thesis. There are secondary primary data in this study. Field research entails conducting research in the field. In this example, the researchers performed study by interviewing and collecting data at the Haji Adam Malik General Hospital in Medan. The findings are presented in the form of methods for implementing health services at Haji Adam Malik Hospital Medan, from registration to ward entry. The next research found that there are various BPJS patient complaints, and it was determined where the BPJS patient complaints are handled. BPJS Health Regulation No. 1 of 2014 Article 25 paragraph 1 letter e, Law No. 44 of 2009 involving Hospitals, and Law No. 36 of 2009 concerning Health are legal arrangements connected to legal protection for BPJS patients for health services in hospitals. The Non-Litigation Path (Consultation or Mediation) and the Litigation Path are two legal options available to BPJS Health patients (Court).
Description: 77 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15734
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178400260 - Reynaldi Gabe Parsaoran Hutajulu - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV513.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178400260 - Reynaldi Gabe Parsaoran Hutajulu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V Bibliography1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.