Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15709
Title: Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Other Titles: The Relationship Between Self-Control and Academic Procrastination in Students of SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Authors: Pandia, Elfeyana Br
metadata.dc.contributor.advisor: Hasanuddin
Syafrizaldi
Keywords: kontrol diri;prokrastinasi akademik;siswa smk negeri 1 percut seituan.;academic procrastination;self-control;vocational school 1 percut seituan
Issue Date: 5-Oct-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;168600205
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Percut Seituan. Prokrastinasi adalah penundaan dalam memulai atau menyelesaikan suatu tugas secara sengaja dan berulang dengan melakukan aktivitas lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi yaitu kontrol diri. Kontrol diri yaitu kemampuan untuk menyusun,membimbing,mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang membawa ke arah konsekuensi positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian korelasional. Sampel ini adalah siswa SMK Negeri 1 Percut Seituan berjumlah 90 orang, dengan menggunakan teknik cluster sampling dimana peneliti mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi berupa skala prokrastinasi yang diukur dari 26 aitem valid dengan realibilitas 0,879.Sedangkan kontrol diri diukur menggunakan skala kontrol diri yang diukur dari 31 aitem valid dengan realibilitas 0,863. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis product moment yang dimiliki koefisien korelasi rxy sebesar -0,433 dengan p=0,000<0,50. Yang artinya hipotesis diterima, yaitu adanya hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Percut Seituan. Sumbangan efektif korelasi sebesar r2 = 0,187 yang menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dapat diprediksi oleh variabel kontrol diri sebesar 18,7% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti, seperti faktor self- esteem. This study a imstodeterminetherelatioshipbetweenself-controland academicprocrastinationinstudentsofSMKNegeri1PercutSeituan. Procrastinationisadelayinstartingorcompletingataskintentionallyand repeatedlybydoingotheractivities.Oneofthefactorsthatinfluence procrastinationisself-control.Self-controlistheabilitytoorganize,guide, regulateanddirectformsofbehaviorthatleadtopositiveconsequnces. This research uses correlationalquantitative research methods.The sampleofthisresearchis90studentsofSMKNegeri1PercutSeituan using a clustersampling technique where the researchertakes all membersofthepopulationasasampel.Theinstrumentusedisthisstudy was a psychologicalscale in the form of a procrastination scale measuredfrom 26validitemswithareliabilityof0,879.Whileself-control wasmeansuredusingaself-controlscalewhichwasmeasuredfrom 31 validitemswithareliabilityof0,863.Theresultsofdataanalysisinthis study use productmomentanalysis which has an rxy correlation coefficientof-0,433 with p = 0,000 < 0,50,which means thatthe hypothesisisaccepted,namelythereisanegativerelationshipbetween self-controlandacademicprocrastinationinstudentsofSMKNegeri1 PercutSeituan.Theeffectivecontributionofthecorrelationisr2 =0,187 whichindicatesthatacademicprocrastinationcanbepredicedbytheself controlvariabelof18,7%therestisinfluencedbyotherfactorsthatwere notexaminedinthisstudy, such as the self - esteem factor.
Description: 102 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15709
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600205 - Elfeyana Br Panda - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography2.18 MBAdobe PDFView/Open
168600205 - Elfeyana Br Panda - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV578.98 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.