Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12651
Title: Perilaku Konsumen, Budaya dan Pergeseran Kelas Dalam Masyarakat
Other Titles: Consumer Behaviour, Culture and Shifting Social Class in Societies
Authors: Sahir, Syafrida Hafni
Keywords: budaya;pergeseran kelas sosial;perilaku konsumen
Issue Date: 24-Oct-2013
Publisher: Universiti Malaya
Abstract: Artikel ini ditulis berdasarkan pemerhatian masyarakat kelas menengah di Indonesia dengan tujuan untuk menerangkan suatu kerangka kerja konseptual yang melukiskan relasi antara unsur unsur budaya, pergeseran sosial dan perilaku konsumen. Gambaran yang disampaikan melalui beberapa konsep teori budaya, kelas sosial dan perilaku konsumen. Kajian ini dilakukan ke atas 100 orang reponden yang terdiri dari anak muda, perempuan dan Netizen. Metode yang dilakukan bukan hanya pemerhatian namun dilengkapi dengan interview dan focus group discussion. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Telah didapatkan bahwa perubahan besar strata menengah masyarakat adalah gejala baru di negara ini. Perubahan besar initelah menciptakan gelombang perubahan konsumsi yaitu jenis konsumen baru, persaingan baru, dan pasar baru, Akhirnya beberapa tujuan penelitian yang mengamati tentang hubungan elemen-elemen budaya, kelas sosial, perilaku konsumen sangatlah diharapkan untuk pengembangan tujuan penelitian. Perubahan besar dalam masyarakat kelas menengah menimbulkan ragam konsumen, kompetisi dan pola bisnis baru. Pengamatan interkoneksi antara budaya, level sosial dan perilaku pembeli (pemakai) diharapkan dapat ikut memperluas tujuan penelitian.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12651
Appears in Collections:Published Articles

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syafrida Hafni Sahir - Artikel Jurnal.pdfArtikel Jurnal - Universiti Malaya2.64 MBAdobe PDFView/Open
Syafrida Hafni Sahir - Artikel Prosiding.pdfArtikel Prosiding - Malay and Indonesian Studies490.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.