Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10495
Title: Gaya Kepemimpinan dalam Mengarahkan Bawahan pada Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan
Authors: Sedayuh TS, Guruh
metadata.dc.contributor.advisor: Miftahuddin
Laili KS, Isnaniah
Keywords: kebijaksanaan latihan;pengembangan karyawan;prestasi kerja
Issue Date: 25-Aug-2003
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan adalah instansi vertikal dari pada direktorat jenderal bea dan cukai dibawah Depertemen Keuangan Republik Indonesia, dan merupakan sumber kantor wilayah I. Direkatorat jenderal bea dan cukai di Belawan, yang berada dan bertanggungjawab langsung kepada atasan kepala kantor wilayah. Pembinaan secara teknis fungsional terhadap pelyanan Type-A. Derektorat Jenderal Bea dan Cukai di Belawan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah I Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab untuk itu. Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan operasional berdasarkan peraturan perundang-undangan pabean dan cukai serta peraturan perundang-undangan lainnya yang berkaitan lalu lintas dokumen, seperti keputusan dari Mentri Keuangan, menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian dan mungkin Menteri yang lainnya, yang pelaksanaannya dibebankan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Berdasarkan atas penelitian pendahuluan yang dilakukan pada Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan maka ditemukan masalah yang dihadapi perusahaan yang dapat dirumuskan sebagai berikut: " Apakah kebijakan Latihan dan pengembangan karyawan memberikan kinerja yang maksimal ". Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukan di atas maka penulis mencoba mengajukan Hipotesis sebagai berikut: Jika kebijaksanaan penarikan dan pengembangan karyawan telah diterapakan maka peningkatan prestasi kerja karyawan dapat mencapai hasil yang diharapkan. Adapun kesimpulan penulis tersebut adalah sebagai berikut: 1. Struktur organisasi yang dijalankan Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan adalah berbentuk garis dimana dalam menjalankan kegiatan usaha pimpinan perusahaan memberikan instruksi langsung kepada bawahannya, dan masing - masing bawahan memberikan pertanggung jawaban tugasnya kepada atasannya masing - masing secara vertikal. 2. Kebijakan yang dilakukan perusahaan ini sudah cukup baik, dimana pihak perusahaan cukup memperhatikan tentang kualitas karyawannya Dalam perusahaan, pengambilan keputusan adalah direksi (direktur utama), segala sesuatu mengenai aktivitas perusahaan harus diputuskan oleh direksi yang dibantu oleh staf/pejabat dalam merumuskan suatu masalah. 3. Latihan dan pengembangan juga merupakan upaya untuk menyiapkan para pegawai dalam melakukan pekerjaan dan untuk memegang tanggung jawab dimasa yang akan datang. 4. Pada dasarnya Kantor Pelayanan Type-A Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Belawan telah melakukan pengembangan dan penarikan karyawan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10495
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
988300140_Guruh Sedayuh TS.pdfFulltext2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.