Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10420
Title: Hubungan Tingkat Kepercayaan, Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Motif Pembelian Konsumen Melalui Media Sosial
Authors: Fauriska, Citra Dwi
metadata.dc.contributor.advisor: Turnip, Kaiman
Lubis, Rahmi
Keywords: motif membeli konsumen;tingkat kepercayaan;brand image;celebrity endorser
Issue Date: 28-Aug-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Berbelanja secara online telah menjadi suatu alternatif untuk mendapatkan barang-barang ataupun jasa dimana penjualan secara online berkembang baik dari segi pelayanan, efektivitas, keamanan, dan juga popularitas. Kepercayaan telah dipertimbangkan sebagai suatu katalis dalam berbagai transaksi antara penjual dan pembeli agar kepuasan konsumen dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Citra pada suatu merek merefleksikan image dari perspektif konsumen dan melihat janji yang dibuat merek tersebut pada konsumennya, citra merek akan berpengaruh langsung terhadap tingginya minat beli terhadap suatu produk. Selebriti sebagai endorser dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, celebrity endorser dari seorang artis terdiri dari faktor kredibilitas, daya tarik, dan power yang secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motif dan keputusan pembelian suatu produk. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan motif pembelian konsumen berdasarkan tingkat kepercayaan, brand image dan celebrity endorser melalui media sosial. Pada penelitian ini alat ukur mengunakan skala likert yang mengukur motif pembelian, tingkat kepercayaan, brand image dan celebrity endorser. Pengolah data dilakukan dengan menggunakan sistem komputer dengan program spss versi 17.0. Data dikumpulkan dari 130 skala yang disebar pada responden wanita yang pernah melakukan pembelian online minimal lima kali dalam setahun terakhir. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan motif pembelian konsumen berdasarkan, tingkat kepercayaan, brand image dan celebrity endorser dengan besarnya kontribusi efektif 16,1 %, dan secara terpisah 8,7% untuk tingkat kepercayaan, 7,4% untuk brand image dan 14,9% untuk celebrity endorser.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10420
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804048_Citra Dwi Fauriska.pdfFulltext2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.