Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10390
Title: Hubungan antara Konsep Diri dan Pusat Kendali (Locus of Control) dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye Aceh Utara
Authors: Ridhwan
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Saiful Akhyar
Aziz, Azhar
Keywords: konsep diri;pusat kendali;motivasi belajar;locus of control
Issue Date: 30-Aug-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Konsep Diri dan· Pusat Kendali (Locus Of Conttrol) Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan adalah 1). Terdapat hubungan antara konsep diri dengan dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye 2). Terdapat hubungan antara Pusat Kendali (Locus Of Control) dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye 3). Terdapat hubungan antara konsep diri dan Pusat Kendali (Locus Of Control) dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye. Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap siswa-siswi kelas VII Siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye berjumlah 96 orang siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Motode pengumpulan data adalah metode skala, yaitu skala konsep diri, skala pusat kendali dan skala motivasi belajar. Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi Berganda didapatkan hasil adalah ; 1 ). Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan pusat kendali (Locus Of Control) terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien Freg = 60,342; p = 0,000 dimana p < 0,050. Menandakan bahwa semakin baik konsep diri dan semakin baik pusat kendali (Locus Of Control) maka akan semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya semakin buruk konsep diri dan semakin buruk pusat kendali (Locus Of Control) maka akan semakin rendah motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri terhadap motivasi belajar pada siswa SMAN 2 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan 46,1 %. 3). Ada hubungan positif yang signifikan anatara pusat kendali (Locus Of Control) terhadap motivasi belajar dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 59,4%. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas konsep diri dan pusat kendali (Locus Of Control) terhadap motivasi belajar adalah sebesar 69,5%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 30,5% pengaruh dari faktor lain terhadap motivasi belajar. 4 ).Hasil lain diperoleh dari penelitian ini, yakni diketahui bahwa subjek penelitian para siswa SMAN 2 Tanah Jambo Aye, memiliki konsep diri dan pusat kendali (Locus Of Control) yang tergolong baik dan motivasi belajar yang diperoleh tergolong sedang. Hal ini dapat diketahui dengan melihat perbandingan nilai rata-rata/ mean empiriknya konsep diri (146,55) dannnilai rata-rata hipotetiknya (129). Untuk variabel pusat kendali (Locus Of Control) nilai rata-rata/ mean empiriknya (67,14) dan nilai rata-rata hipotetiknya (60). Selanjutnya untuk motivasi belajar diketahui bahwa mean rata-rata/ mean empiriknya (177,50) dan mean hipotetiknya adalah (162,5).
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10390
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804010_Ridhwan.pdfFulltext2.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.