Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorZainuddin-
dc.contributor.advisorAziz, Azhar-
dc.contributor.authorButarbutar, Imelda-
dc.date.accessioned2019-05-16T02:43:32Z-
dc.date.available2019-05-16T02:43:32Z-
dc.date.issued2012-05-01-
dc.identifier.other101804025-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10273-
dc.descriptionPopulasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Theologia HKBP P. Siantar sejumlah 70 orang yang diambil secara acak. Hipotesis penelitian: 1) Ada hubungan positif antara efikasi diri yang tinggi dengan prestasi akademik mahasiswa. 2) Ada hubungan positif antara regulasi diri yang baik dalam belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. 3) Ada hubungan yang posistif antara efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Dalam upaya membuktikan ketiga hipotesis diatas, maka digunakan analisis regresi berganda dengan uji partial (uji t) dan uji simultan (uji f), dimana secara partial diperoleh hasil: 1 ). Efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa di SIT-HKBP P.Siantar dengan thitung yakni 3.460 > ttabei=1.667 dan sig 0,001 <0,05. 2). Regulasi diri dalam belajar memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan prestasi akademik dengan 7.322 > ttabel=1.667 dan sig 0,000<0,05. Secara simultan diketahui hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar dengan Fhitung (Freg) (128.667) >Ftabel (3.15) dan sig 0,000<0.05. 3). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik dengan angka korelasi R= 0.793 4). Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi akademik dengan angka korelasi R= 0.870. 5). Total hubungan variabel efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar dalam penelitian ini dengan prestasi akademik mahasiswa adalah sebesar 89,1 %. Dari hasil ini maka diketahui bahwa masih terdapat 10,9 % pengaruh dari faktor lain terhadap prestasi akademik mahasiswa di STI-HKBP P .Siantar. 6). Efikasi diri mahasiswa di STIHKBP P. Siantar cukup tinggi dengan mean hipotetik (X1): 65<79.585 dan selisihnya melebihi S.D (8.389). Demikian juga dengan regulasi diri dalam belajarnya yaitu (X2): 82.5<94.471 dan selisihnya melebihi SD (10.174).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectefikasi dirien_US
dc.subjectregulasi dirien_US
dc.subjectbelajaren_US
dc.subjectprestasi akademiken_US
dc.titleHubungan Efikasi Diri dan Relugasi Diri dalam Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa di Sekolah Tinggi Theologia (STT-HKBP) Pematangsiantaren_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101804025_Imelda Butar Butar.pdfFulltext4.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.