Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10122
Title: Analisis Terhadap Perjanjian Pemasangan Air Minum antara PDAM Tirtanadi Sumatera Utara dengan Pelanggan di Cabang Medan Denai
Authors: Simorangkir, Sahat H.E
metadata.dc.contributor.advisor: Leviza, Jelly
Arif
Keywords: kuantitas dalam perjanjian;kualitas pada pdam;kontiniuitas pelanggan
Issue Date: 8-May-2010
Publisher: Universitas Medan Area
Description: "Air minum adalah merupakan kebutuhan pokok manusia", maka dengan segala daya upaya akan diusahakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara, yang berada di Kota Medan maupun Kabupaten untuk mendapatkan air minum demi kelangsungan hidup perusahaan dalam pelayanan pada pelanggan, baik itu dilakukan melalui air bawah tanah yang bersumber dari penggalian sumur bor maupun penyulingan atau penyaringan dari air sungai. Dimana dari sekian ratus Perusahaan Daerah Air Minum di Indonesia (± 300 s/d 335 unit), bahwa dimana hanya ada puluhan Perusahaan Daerah Air Minum yang sehat (± 70 s/d 80 unit) dan dinamis dalam pengolahannya. Diantara hal itu PDAM Tirtanadi yang sehat tersebut adalah termasuk salah satunya PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara. Dan secara berturut - turut sejak tahun 2005 sampai dengan 2007 telah ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara air minum yang terbaik di Indonesia didalam kategori untuk kota metropolitan, yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum. Sehingga rumusan masalah dalam bentuk perjanjian, kekuatan hukum, tanggung jawab hukum, maupun tujuan penelitian dari abstrak dapat tertuang pada penelitian ini. PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara memiliki teknik operation yang baik dalam memberikan servis pelanggan pada masyarakat dengan pola "Tiga Tas Air'' yaitu kuantitas, kualitas dan kontinuitas air. Dalam pelayanan air minum kepada masyarakat bahwa PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara termasuk dicabang-cabangnya bahwa sudah mendapatkan system manajemen untuk I.S.O. 9001 : 2000 pada Periode Tahun 2002- 2010 dengan penilaian kerja yang baik yaitu dibidang aspek keuangan, aspek operasional dan aspek administrasi, dan integritas pimpinan, staf, karyawan yang cukup tinggi. Budaya pada perusahaan ini tercipta pada periode sebelumnya yaitu tahun 1994-2000. Pada tahun 2009 ini diprediksikan bahwa seluruh kantor cabang pemasaran akan memperoleh sertifikat I.S.O. 9001 : 2000 di Wilayah Zona I atau Medan sekitarnya, sebanyak 13 kantor cabang dengan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi yang telah ditetapkan I.S.O. 9001 : 2000. Dimana telah dipersiapkan oleh pihak PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara, dalam hal pemenuhan prosedur syarat ISO-nya. Sehingga akan tercapai untuk mempengaruhi bagaimana produk itu sebaik mungkin di desain, diproduksi, dirakit dan ditawarkan pada masyarakat dalam pelayanan.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10122
Appears in Collections:MT - Master of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
081803017_Sahat H. E. Simorangkir.pdfFulltext1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.