Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10063
Title: Analisis Strategi Pemasaran Ekspor Udang (Studi Kasus pada PT. Central Windu Sejati Medan)
Authors: Abdullah
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Edy Batara Mulya
Hamid, Azwar
Keywords: analisis strategi;strategi pemasaran;ekspor
Issue Date: 2007
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Tujuan penelitian untuk mengetahui berapa besar pangsa pasar ekspor udang PT. Central Windu Sejati di Sumatera Utara dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran PT. Central Windu Sejati terhadap pangsa pasar ekspor udang PT. Central Windu Sejati. Penelitian dilakukan di PT. Central Windu Sejati jalan Pulo Solor No. 2 Kawasan Industri Medan II, dimulai pada Desember 2006 sampai Januari 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif melalui survei dengan analisisnya menggunakan metode ekonometrika. Sebagai alat dari analisis ini dipakai regresi linier berganda model Ordinary of Least Square (OLS). Data yang digunakan berupa data primer yang bersumber dari PT. Central Windu Sejati dan data sekunder yang bersumber dari Balai Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (BLPPMHP) Medan, BPS Sumatera Utara, BPS Indonesia, dan Dinas Perikanan Propinsi Sumatera Utara. PT. Central Windu Sejati adalah salah satu perusahaan agroindustri di Sumatera Utara yang berusaha di bidang pengolahan udang yang seluruh produknya untuk pasar ekspor. Strategi yang dijalankan untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan melakukan deferensiasi produk dan kebijakan penetapan harga. Deferensiasi produk adalah dengan melakukan penganekaragaman produk yang dikelompokkan atas tiga kategori produk, yaitu kategori produk konvensional, produk bernilai tambah dan produk makanan. Sedangkan kebijakan penetapan harga pada masing-masing kategori produk berdasarkan mekanisme pasar dan harga pokok produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas yaitu penjualan produk konvensional, harga produk konvensional, penjualan produk bernilai tambah, harga produk bernilai tambah, penjualan produk makanan, dan harga produk makanan dapat rnenjelaskan variasi pangsa pasar (Y) PT. Central Windu Sejati sebesar 34,8%, sedangkan 65,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model. Secara bersama-sama variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tidak bebas atau pangsa pasar. Secara parsial hanya penjualan produk bernilai tambah yang berpengaruh secara signifikan terhadap pangsa pasar PT. Central Windu Sejati, sedangkan variabel lainnya tidak. Untuk variabel penjualan produk konvensional, harga produk bernilai tambah dan harga produk makanan memberikan pengaruh negatif terhadap pangsa pasar PT. Central Windu Sejati. Kesimpulan bahwa meskipun terjadi penurunan penjualan dari 2004 sampai 2006, tetapi pangsa pasar rata-rata per bulan mulai Januari 2004 sampai Desember 2006 cukup tinggi yaitu sebesar 3 7, 77%, ini menggambarkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan selarna ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10063
Appears in Collections:MT - Master of Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
051802011_Abdullah.pdfFulltext1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.