霂瑞霂��撘����迨��辣: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9857
Title: Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau dari Locus of Control pada Siswa SMPIT Al Fakhri
Authors: Andriani, Riska
Advisor: Hardjo, Suryani
Novita, Eryanti
Keywords: kemandirian belajar;locus of control
Issue Date: 2018
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Locus Of Control Pada Siswa SMPIT AL FAKHRI. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 siswa. Dengan hipotesis: Ada perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari locus of control dengan asumsi: siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi kemandirian belajarnya dibandingkan siswa yang memiliki locus of control eksternal. Skala ini diukur dengan menggunakan skala yang dibuat peneliti berdasarkan Havighurst (dalam Sutisna, 2010) menyebutkan kemandirian belajar terdiri dari beberapa aspek : Aspek sosial, Aspek emosi, dan Aspek ekonomi. Selanjutnya alat ukur locus of control pertama kali diciptakan oleh Rotter dengan nama internal-external Scale (I-E Scale), kemudian Levenson (1972) mengembangkannya menjadi skala IPC atau Skala Internal (I), Powerfull Others (P) dan Chance (C). Skala IPC terdiri dari 24 item dan setiap faktornya diwakili oleh 8 item. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian : Ada perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari locus of control dengan asumsi: siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi kemandirian belajarnya dibandingkan siswa yang memiliki locus of control eksternal. Hasil ini diketahui dengan melihat nilai atau koefisien perbedaan Anava F = 953.794 dengan koefisien signifikansi 0,000. Hal ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,03.Hipotesis yang diajukan diterima.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9857
�蝷箔����:SP - Psychology

��辣銝剔�﹝獢�:
獢�獢� ��膩 憭批���撘� 
Riska Andriani - Fulltext.pdfFulltext1.24 MBAdobe PDF璉�閫�/撘��


�DSpace銝剜�������★��������雿��.