Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9827
Title: Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri pada Remaja di SMP PAB 8 Sampali
Authors: Siagian, Riza Ainun
Advisor: Siregar, Farida Hanum
Azis, Azhar
Keywords: dukungan keluarga;konsep diri
Issue Date: 23-Aug-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan keluarga dengan konsep diri pada remaja di SMP PAB 8 Sampali. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang sekolah di SMP PAB 8 Sampali yang berjumlah 130 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala dukungan keluarga dan skala konsep diri. Analisis data menggunakan teknik korelasi (rxy) sebesar 0,379 dengan p = 0,000 < 0,005, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan konsep diri pada remaja, yang menunjukkan bahwa semakin positif dukungan keluarga yang diterima remaja maka semakin positif konsep dirinya. Sebaliknya semakin negatif dukungan keluarga yang diterima remaja maka semakin negatif konsep dirinya. Dukungan keluarga dalam penelitian ini di SMP PAB 8 Sampali tergolong positif karena (mean empirik =67,74.> mean hipotetik = 62,5 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 4,292). Dan konsep diri juga tergolong positif, karena (mean empirik= 88,82.> mean hipotetik = 70 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 6,831). Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut sebesar R2 = 0,143 artinya dukungan keluarga memberikan sumbangan efektif terhadap konsep diri sebesar 14,3%. Hasil penelitian ini sesuai hipotesis dengan hasil penelitian di lapangan.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9827
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riza Ainun Siagian - Fulltext.pdfFulltext1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.