Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9395
Title: Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Endofit pada Akar Pinang (Areca catechu L)
Authors: Pasaribu, Deswita
Advisor: Karim, Abdul
Rahmiati
Keywords: akar pinang;areca cetchu l;bakteri endofit;isolasi bakteri;endophyte bacteria;isolation endophyte bacteria
Issue Date: 30-May-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: The objective of this research was to characterize endophyte bacteria from Areca catechu L root visually and microscopically. The research was conducted in 3 steps, started from media preparation, isolation and characterization. Collected data then analyzed description by explaining and describes endophyte bacteria species isolated from Areca catechu L root which named sp1, sp2, and sp3. The staining result shamed that all species were and belong to the group of gram positive bacteria and Bacillus genus.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bakteri endofit pada akar pinang (Areca catechu L) secara visual dan mikroskopis. Penelitian dilakukan dengan 3 tahapan yaitu preparasi sampel dan media, isolasi dan karakterisasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan memberikan penjelasan atau penggambaran dari jenis-jenis bakteri endofit yang terdapat pada akar pinang (Areca catechu L). Sebanyak 3 isolat bakteri endofit di peroleh dari akar tanaman pinang yaitu sp1, sp2, dan sp3. Hasil pewarnaan menunjukkan ketiga isolat bakteri endofit berbentuk basil dan gram positif. Variasi sifat biokimiawi diperlihatkan oleh sp1, sp2, dan sp3. Berdasarkan karakteristik morfologi dan biokimia isolat bakteri endofit tersebut merupakan genus Bacillus.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9395
Appears in Collections:SP - Biology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Deswita Pasaribu - fulltext.pdfFulltext2.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.