Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9127
Title: Pengaruh Menghafal Al- Qur’an Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan
Authors: Nasution, Nadia Fakhrayani
Advisor: Siregar, Nurmaida Irawani
Maryono
Keywords: job stress; civil servans;;menghafal Al-Qur’an, konsentrasi belajar
Issue Date: 1-Nov-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: This research used quantitative research that purposed to examine and to obtain data empirically about the influence of memorizing Al-Quran toward the concentration of studying of ar-raudhatul hasanah islamic boarding school medan (kalo gak mau di translatekan juga gak papa soalnya nama sekolah). Related to the background of the theory, thus it was submited a hypothesis that, there is a positive effect of memorizing alquran toward student's concentration of studying. Where, the higher student's grade of memorizing alquran the better the concentration of studying became, conversely the lower the grade of memorizing al-quran the less the concentration of studying. Research design used was cross sectional, with total sampling techniques. The sample in this research amounted to 52 students. This research uses Likert-scale instrument for learning concentration scale, and uses data of the memorizing of Al-Qur'an grade. The results of this research found that 32 (61.5%) students memorize Al-Qur'an in lower grade and 20 (38.5%) students memorize Al-Qur'an in higher grade. Therefore, 23(42.3%) student's concentration of studying are low and 30 (57.7%) student's concentration of studying are high. From chi square test results obtained that there is influence between memorizing Al- Qur'an to study concentration. The result of chi square test p value = 0,004 and OR value is 8,282. Can be interpreted students who memorize alquran in higher grade has a better chance 8.282 in concentrationof studying.
Description: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji dan mendapatkan data secara empiris mengenai pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap konsentrasi belajar pada siswa pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan. Sejalan dengan landasan teori, maka diajukan hipotesa yang berbunyi ada pengaruh positif menghafal Al-Qur’an terhadap konsentrasi belajar siswa. Dimana semakin tinggi nilai menghafal Al-Qur’an siswa maka semakin baik pula konsentrasi belajarnya, dan sebaliknya semakin rendah nilai menghafal Al-Qur’an maka kurang baik konsentrasi belajarnya. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument skala likert untuk skala konsentrasi belajar, dan menggunakan data nilai menghafal Al- Qur’an. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa 32 (61,5%) siswa nilai menghafal Al-Qur’annya rendah dan 20 (38,5%) siswa nilai menghafal Al-Qur’annya tinggi. Begitu juga pada konsentrasi belajar 22 (42,3%) siswa kosentrasi belajarnya kurang baik dan 30 (57,7%) siswa konsentrasi belajrnya baik. Dari hasil uji chi square didapatkan bahwa ada pengaruh antara menghafal Al-Qur’an terhadap konsentrasi belajar. Hasil uji chi square p value = 0,004 dan nilai OR sebesar 8,282. Dapat diartikan siswa yang nilai menghafal Al-Qur’annya tinggi memiliki peluang 8,282 konsentrasi belajarnya lebih baik.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9127
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadia Fakhrayani Nasution.pdfFulltext18.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.